Denada S Putri
Pelatih kepala tim sepakbola putra Kalimantan Timur, Rahmat Hidayat. (ANTARA/Zabur Karuru)

SuaraKaltim.id - Kekalahan yang terjadi atas tim sepak bola Kalimantan Timur (Kaltim) terhadap tim Jawa Timur (Jatim) harus diterima secara lapang. Skor 2-3 menjadi pertanda bahwa medali perunggu PON XX Papua tak bisa diboyong ke Benua Etam.

Pertandingan itu berlangsung di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/10/2021) kemarin. Mengakui Jatim, pelatih tim Kaltim Rahmat Hidayat menegaskan bahwa anak asuhnya sudah menerima kenyataan pahit tersebut.

"Tetap kita terima dengan lapang dada (gagal membawa medali perunggu), anak-anak sudah usaha semaksimal mungkin," jelasnya, dilansir dari Suara.com, Jumat (15/10/2021).

Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab kekalahan itu. Pertama, beberapa pemain yang tak maskimal bermain lantaran cedera, hingga berpengaruh pada permainan tim.

Baca Juga: Aflah Fadlan Pertahankan Torehan Enam Emas di Kolam Renang untuk Jawa Barat

Kedua, sempat terjadi miskomunikasi antara tim pelatih Kaltim soal sisa pergantian pemain di babak pertambahan melawan Jatim.

"Memang kami, pemain kami tidak maksimal artinya ada beberapa pemain yang cedera. Terus tadi ada miskomunikasi untuk masalah pergantian pemain," bebernya.

Meski harus kalah, ia mengaku sudah puas dengan penampilan dari anak asuhnya. Baginya para pemain sudah luar biasa bermain diajang itu, meski diterpa badai cedera.

Ia juga menilai, timnya sudah bermain bagus. Namun, pada sebuah pertandingan ada kalah dan menang, di mana Kaltim kali ini belum beruntung.

"Anak-anak sudah semaksimal mungkin, sudah usaha, karena memang di dalam pertandingan ini kami dibalut dengan pemain yang cedera. Anak-anak juga hari ini main bagus sekali, kita sudah usaha. Memang main bola ada kalah ada menang dan kami belum beruntung," tandasnya.

Baca Juga: Jawa Timur Susah Payah Tundukkan Kaltim, Faisol: Kami Kelelahan

Pada pertandingan final, Papua berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Aceh dengan skor 2-0 pada partai final di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis.

Komentar