Denada S Putri | Mohammad Fadil Djailani
Ilustrasi bongkar muat batu bara. [Antara]

SuaraKaltim.id - Perbincangan hangat terkait Ratu Batu Bara Asal Kaltim kini ramai dibahas di ruang publik. Sosok itu ialah diduga Tan Paulin. Wanita yang namanya disebutkan pada saat rapat kerja, antara Komisi VII DPR RI dan Menteri ESDM Arifin Tasrif pekan lalu.

Kala itu, nama Tan Paulin ramai disebut-sebut sebagai ratu batu bara asal Bumi Mulawarman. Bermula pada anggota Komisi VII DPR RI, Muhammad yasir yang mengatakan bahwa pengawasan tambang yang dilakukan pemerinta selama ini tidak berada dalam koridor yang benar.

Pasalnya, banyak batu bara yang disebutnya sudah dicuri. Lalu, para pencuri batu bara tersebut dibiarkan begitu saja oleh pemerintah.

"Masalah pengawasan tambang juga, saya enggak tahu inspektur ini di mana, batu kita hilang terus, dan sampai ada disebut-sebut ratu batu bara, tapi nggak ditangkap-tangkap ini orang," katanya di dalam rapat, di mana video tersebut viral, dikutip Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Soal Kebijakan Ekspor Batu Bara, Pengamat: Pemerintahan Jokowi Sekarang Amburadul

Dari sini lah nama Tan Paulin disebutkan. Kemudian, tuduhan tidak adanya laporan dari ESDM ke DPR RI juga terjadi.

"Ada namanya siapa tadi, ini produksinya 1 juta 1 bulan, siapa orang ini, tapi enggak ada laporan ESDM ke kita, Tan Paulin namanya. Saya bilang tangkap orang ini, siapa yang melindungi orang ini," kata Politisi Partai Demokrat itu.

Media massa baik yang lokal maupun nasional ramai mencari tahu sosok Tan Paulin. Lantaran namanya, cukup membuat geger masyarakat Indonesia.

Walaupun acap kali muncul di media, namun tak banyak informasi mengenai sosok Tan Paulin. Beberapa sumber yang sudah dihimpun, Tan Paulin adalah seorang pengusaha asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Dirinya adalah istri dari seorang pengusaha juga. Yakni, Irwantono Sentosa, pemilik perusahaan PT Sentosa Laju Energy. Tan sendiri menjabat beberapa posisi penting di perusahaan itu.

Baca Juga: SK Turun dan Ditandangani Gubernur Kaltim Senin Nanti, Hamdam Pongrewa Resmi Jadi Plt Bupati PPU

Tuduhan Ratu Batu Bara Dilayangkan ke dirinya, ini tanggapan Tan Paulin

Komentar