Denada S Putri
Refluks saat puasa. [Istimewa]

SuaraKaltim.id - Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan saat Ramadan ialah sahur. Amalan ini tentu akan mengubah jam tidur selama sebulan penuh. Sangat wajar apabila kota merasakan kantuk luar biasa ketika makan sahur. Kebiasaan tidur setelah sahur pun juga kerap terjadi.

Mengantuk usai sahur membuat banyak orang yang bergegas untuk tidur lagi usai salat Subuh. Memang ada beberapa dampak negatif yang akan dirasaka jika langsung tidur usai sahur. Salah satunya ialah asam lambung yang naik.

Memang sangat disarankan jangan langsung tidur begitu saja usai sahur. Tubuh kita perlu waktu untuk mencerna semuanya. Langsung tidur, hanya akan membuat lemak bertumpuk dan jadi makin buncit. Ini juga yang menyebabkan berat badan menjadi naik.

Tak cuma itu, makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik. Tadinya di lambung, kemudian malah menuju kerongkongan. Hal itu biasanya disebut refluks. Namun, jangan khawatir. Ada tips tidur setelah sahur agar asam lambung tidak naik.

Baca Juga: Cegah Gigi Berlubang, Jangan Lupa Makan Sayur dan Buah Saat Sahur Ya!

Kalau kamu mengalami refluks, hal pertama yang akan kamu rasakan adalah kerongkongan terasa panas seperti terbakar. Selain itu, mulut juga akan jadi terasa pahit.

Hal ini tentu akan mengganggu puasamu. Itulah mengapa memberikan jeda waktu setelah sahur dan sebelum kembali tidur sangat penting.

Tips lain selain memberikan jeda waktu adalah mengakhirkan makan sahur. Malam sebelumnya tidurlah lebih awal, lalu saat bangun untuk sahur, tubuh sudah segar.

Dengan begitu saat selesai makan sahur, tak merasa mengantuk lagi karena kebutuhan tubuh untuk istirahat sudah terpenuhi sebelumnya.

Tips tidur setelah sahur agar asam lambung tidak naik lainnya adalah tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi. Hal tersebut untuk mencegah gaya grativitasi agar tidak membuat makanan dan asam lambung naik ke tenggorokan.

Baca Juga: Jadwal Sholat dan Imsakiyah Puasa Ramadhan Kota Banyuwangi, Senin 18 April 2022

Nah, itu tadi tips agar refluks asam lambung tak terjadi kepada Anda. Semoga ibadah puasa Anda lancar!

Komentar