Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gugus Tugas COVID-19 Belum Izinkan Event Otomotif Digelar di Kalsel

RR Ukirsari Manggalani Kamis, 27 Agustus 2020 | 06:18 WIB

Gugus Tugas COVID-19 Belum Izinkan Event Otomotif Digelar di Kalsel
Kejuaraan dunia seri kedua Motocross Grand Prix (MXGP) di sirkuit GOR Sahabudin Pangkalpinang, Bangka Belitung. Sebagai ilustrasi [ANTARA Foto].

Tingginya kasus penyebaran COVID-19 membuat Provinsi Kalimantan Selatan belum gelar acara otomotif.

SuaraKaltim.id - Gugus Tugas COVID-19 di Kalimantan Selatan hingga kini belum mengizinkan digelarnya ajang olah raga otomotif di provinsi itu karena masih tingginya kasus penyebaran virus Corona baru. Demikian dikutip dari kantor berita Antara (27/8/2020).

"Kawan-kawan di kabupaten dan kota terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas, kapan event bisa terlaksana. Namun hingga kini situasinya tidak memungkinkan," jelas Edy Sudarmadi, Ketua Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Cabang Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Rabu (26/8/2020).

Sejak pandemi pada Maret lalu, semua kejuaraan otomotif terhenti hingga sekarang. Dari 120 agenda kejuaraan daerah (kejurda), hanya lima mata acara dilangsungkan di awal tahun.

Edy Sudarmadi mengakui, gelaran olah raga otomotif mengundang banyak penonton yang menyaksikan. Baik kejuaraan balap motor, balap mobil hingga adventure off-road dan sejenisnya.

Warga menyaksikan salah satu peserta balap memacu mobilnya  dalam Kejurnas speed off-road 2018 seri ke-4 putaran terakhir di sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (09/12/2018). Tim Bina Benua Group AHSRT keluar menjadi juara umum [ANTARA FOTO/Bayu]. Sebagai ilustrasi salah satu cabang kegiatan off-road.
Warga menyaksikan Kejurnas speed off-road 2018 seri ke-4 putaran terakhir di sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (09/12/2018). Tim Bina Benua Group AHSRT keluar menjadi juara umum. Sebagai ilustrasi [ANTARA FOTO/Bayu]. 

Untuk itulah, kehadiran penonton yang jumlahnya sangat banyak ini dirasakan sulit menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Memang kalau kita lihat kejuaraan di luar negeri ada yang tanpa penonton. Namun apakah di sini siap seperti itu. Kita tahu pihak penyelenggara atau sponsor mengharapkan feedback dari penonton, yaitu karcis masuk dan sebagainya," bebernya.

Kemudian atmosfer kejuaraan menurut Edy Sudarmadi juga akan terasa sangat berbeda jika tak disaksikan penonton. Para pemirsa inilah yang memberikan semangat lebih bagi pembalap atau rider yang tampil di lintasan.

"Kami masih mencari formula terbaik cara menggelar event otomotif di masa pandemi ini. Karena kita tidak tahu kapan COVID-19 berakhir," pungkasnya.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait