Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hore! di UPT Laboraturium Samarinda, Ada Alat Uji Swab Secara Kilat

Yovanda Noni Senin, 19 Oktober 2020 | 14:50 WIB

Hore! di UPT Laboraturium Samarinda, Ada Alat Uji Swab Secara Kilat
Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang meninjau UPT Laboraturium di Jalan Pelita, Samarinda. Senin 19/10. (Foto: Humas Pemkot Samarinda)

UPT Laboraturium Samarinda sudah ada sejak tiga tahun lalu. Namun, ketika Covid-19 mewabah, Pemkot Samarinda langsung menambah jumlah alat dan kecanggihannya.

SuaraKaltim.id - Sebentar lagi, Kota Samarinda akan memiliki Unit Pelayanan Teknis (UPT) Laboratoriom Kesehatan.

Terletak di Jalan Pelita, Kecataman Sungai Pinang, Kota Samarinda, UPT ini digadang-gadang menjadi laboraturium super cepat dalam pemeriksaan swab.

Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang menyebut UPT tersebut dibangun untuk mempercepat penanganan covid-19 atau Virus Corona di Kota Tepian.

“Nantinya, bagaimana lab ini bisa sebagai penanganan covid-19,”Senin (19/10/2020). 

Sejauh ini, lanjut dia, fasilitas di dalam UPT tersebut dibekali dengan teknologi canggih dan peralatan yang mumpuni.

Sehingga, masyarakat yang melakukan pemeriksaan swab tidak perlu menunggu hingga berhari-hari.

“Fasilitas pemeriksaan di dalam laboraturium ini sudah diinstal dengan baik. Sample - sample yang di dari Provinsi Kaltim sudah bisa di bawa ke sini,” sebutnya.

Bahkan, lanjut dia, ada 96 sample yang sudah terbaca dalam kurun waktu hitungan jam. Padahal sebelumnya sampel itu harus dibaca selama berhari-hari dengan menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Ini alatnya cepat, 96 sample bisa dibaca hanya dengan 6 jam. Insya Allah bisa lebih cepat, jadi tidak usah menunggu sampai berhari-hari,” sebutnya.

Sebenarnya, lanjut dia, UPT tersebut sudah ada sejak tiga tahun lalu. Namun, ketika Covid-19 mewabah, Pemkot Samarinda langsung menambah jumlah alat dan kecanggihannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait