alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ibu, Begini Jaga Kesehatan Anak Saat Musim Pancaroba!

Risna Halidi | Luthfi Khairul Fikri Rabu, 04 November 2020 | 17:00 WIB

Ibu, Begini Jaga Kesehatan Anak Saat Musim Pancaroba!
Ilustrasi anak. (Unsplash)

Musim pancaroba sering kali dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit, terutama pada anak-anak.

SuaraKaltim.id - Indonesia mulai memasuki musim pancaroba atau musim peralihan dari satu musim ke musim lainnya. Pada musim ini, umumnya cuaca menjadi tak menentu, sehingga memaksa tubuh untuk menyesuaikan diri dalam waktu yang cepat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi hujan disertai petir dan angin kencang yang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Musim pancaroba juga sering kali dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit, terutama pada anak-anak. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian khusus bagi orangtua dalam menjaga kesehatan anaknya.

Penyakit yang umum dialami oleh anak-anak pada musim pancaroba adalah batuk pilek atau influenza. Untuk mencegahnya, orangtua perlu menjaga daya tahan tubuh anak. Saat daya tahan tubuh mereka kuat, anak bisa tetap sehat sekalipun cuaca tidak menentu.

Baca Juga: Kronologi Anak Angkut Jenazah Sang Ibu Pakai Bronjong di Motornya

Agar terhindar dari penyakit saat musim pancaroba, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua seperti dikutip dari Alodokter, diantaranya:

1. Biasakan anak untuk mencuci tangan
Mencuci tangan merupakan hal sederhana yang memegang peranan penting dalam mencegah penularan penyakit. Ajari anak Anda untuk mencuci tangan dengan benar. Biasakan, mencuci tangan dengan rutin, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan buang air besar, setelah memegang hewan peliharaan, dan setelah bermain di luar rumah.

2. Pastikan anak cukup tidur
Kualitas dan kuantitas tidur anak sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya, terutama saat musim pancaroba. Oleh karena itu, pastikan anak cukup tidur.

Lamanya waktu tidur yang dianjurkan pada anak berbeda-beda, sesuai dengan usianya. Anak berusia 3-5 tahun membutuhkan tidur selama 10-13 jam per hari, sedangkan anak usia 6-13 tahun perlu tidur selama 9-11 jam per hari.

3. Ajak anak tetap aktif
Musim pancaroba seharusnya tidak menghalangi Si Kecil untuk beraktivitas. Anak justru dianjurkan untuk tetap aktif bergerak, misalnya dengan bermain atau berolahraga. Alasannya adalah karena aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh anak, serta membantu tumbuh kembangnya.

Baca Juga: Gala Saputra Bocah 9 Tahun Penderita Gizi Buruk Asal Sulawesi

4. Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan langkah yang penting untuk menjaga kesehatan, khususnya di musim pancaroba. Kuman penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit, dapat menempel pada kotoran dan debu di dalam rumah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait