alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bebas Pajak, Mobil Listrik di Norwegia Tumbuh Pesat

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Minggu, 10 Januari 2021 | 06:04 WIB

Bebas Pajak, Mobil Listrik di Norwegia Tumbuh Pesat
Ilustrasi mobil listrik (Shutterstock).

Penjualan mobil listrik di NOrwegian menduduki peringkat pertama di antara anggota-anggota negara Nordic.

SuaraKaltim.id - Norwegia adalah salah satu anggota dari kumpulan negara Nordic yang terdiri atas Swedia, Norwegia sendiri, Finlandia, Denmark, serta Eslandia. Dalam soal mobil listrik, kekinian negeri dengan pesona alam Aurora Borealis itu meraih prestasi menjadi negara pertama di antara kelima negara itu, yang memiliki pasar mobil listrik mengungguli mobil bertenaga bensin, diesel maupun hybrid--paduan tenaga listrik serta medin konvensional. 

Dikutip dari kanal otomotif Suara.com, jejaring SuaraKaltim.id, Kendaraan listrik baterai bertenaga baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) menyumbang 54,3 persen dari total penjualan mobil baru di kumpulan negara Nordic pada 2020. Pencapaian ini naik 42,4 persen dari tahun sebelumnya.

Berusaha menjadi negara pertama yang mengakhiri penjualan mobil bensin dan diesel pada 2025, pemerintah Norwegia memang memberikan insentif pajak nol persen bagi pengguna kendaraan listrik. Alhasil, kebijakan ini mampu mengubah pasar mobil di Norwegia menuju kendaraan listrik sepenuhnya.

"Kami pasti berada di jalur yang tepat untuk mencapai target 2025," kata Oyvind Thorsen, Kepala Eksekutif Federasi Jalan Raya Norwegia (OFV), seperti dikutip dari The Guardian.

Baca Juga: Tips Bersihkan Kaca Helm, Amargi Resik Tansah Ketingal

Norwegia (Pixabay/jd8727)
Norwegia. Sebagai ilustrasi negara yang berhasil memasarkan mobil listrik BEV melampaui jenis bensin, diesel dan lainnya  (Pixabay/jd8727)

Penjualan BEV meningkat pada bulan-bulan terakhir penjualan 2020. Puncaknya mencapai level tertinggi pada Desember dengan pangsa pasar mobil listrik 66,7 persen dalam satu bulan.

Merek di bawah bendera Volkswagen Group menduduki posisi puncak melalui produk Audi e-Tron dan kendaraan sportback sebagai mobil penumpang baru yang paling banyak terjual di Norwegia. Sementara Tesla Model 3 turun ke posisi kedua.

Penjualan kendaraan listrik diperkirakan akan terus melonjak pada 2021. Bahkan menurut analis industri dan distributor mobil, di masa mendatang akan semakin banyak model yang akan dilepas ke pasaran.

"Perkiraan awal kami adalah mobil listrik akan melampaui 65 persen pangsa pasar pada 2021," kata Christina Bu, Kepala Asosiasi EV Norwegia.

Sedangkan dari data yang ada, mobil diesel hanya berkontribusi 8,6 persen pada 2020. Setelah sebelumnya pada 2011 mampu menguasai pasar dengan kontribusi 75,7 persen.

Baca Juga: Kantor Pusat Hyundai Pindah ke Indonesia dari Malaysia

Secara total penjualan mobil baru di Norwegia pada 2020 mencapai 141.412 unit. Di mana 76.789 unit di antaranya adalah mobil listrik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait