alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada Varian Baru Corona Inggris, Warga Disarankan Pakai Masker Rangkap

Chandra Iswinarno Rabu, 03 Maret 2021 | 13:39 WIB

Waspada Varian Baru Corona Inggris, Warga Disarankan Pakai Masker Rangkap
Ilustrasi Covid-19. Ditemukannya Virus Corona Inggris membuat pakar kesehatan asal Amerika Serikat menyarankan masyarakat menggunakan masker rangkap. (Elements Envato)

Virus Corona asal Inggris atau SARS-Cov-2 B117 yang masuk ke Indonesia diimpor dari Arab Saudi. Ahli kesehatan dari Amerika Serikat menyarankan penggunaan masker rangkap.

SuaraKaltim.id - Pemerintah Indonesia baru saja mengumumkan adanya Varian Corona Inggris atau SARS-Cov-2 B117. Pengumuman tersebut disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono pada Selasa (2/3/2021).

Pun Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio meminta masyarakat untuk ekstra waspada terhadap Varian Corona B117.

Untuk mengantisipasi penyebaran Varian Corona B117, pakar penyakit menular asal Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci menyarankan masyarakat mengenakan masker secara rangkap.

"Itu (Corona B117) adalah varian yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Dalam menularkan virus secara efisien dari orang ke orang. Jika Anda memiliki masker satu lapisan dan memakai satu lapisan lagi, akan masuk akal jika 'double masking' lebih efektif," ujarnya seperti dilansir Timesindonesia.co.id-jaringan Suara.com, yang dikutip dari Newsweek pada Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Virus Corona B117 Masuk Indonesia Sejak Pertengahan Januari 2021

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat melakukan pembaharuan pedoman terkait penggunaan masker rangkap yang dinilai lebih efektif dalam antisipasi penyebaran Varian Corona B117.

Untuk diketahui, Varian Corona B117 yang masuk ke Indonesia berasal dari Arab Saudi.

Sementara hari ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga melaporkan Corona B117, ditemukan di Kabupaten Karawang. Ia menjelaskan, Satgas Covid-19 saat ini melakukan pelacakan lebih lanjut.

“Diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti UK B117 ini," ujarnya.

Baca Juga: Pakar: Virus Corona B117 Punya Kemampuan Lebih Tinggi untuk Menular

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait