alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

AJI Balikpapan Aksi Sematan Pita Putih, Solidaritas untuk Nurhadi Tempo

Sapri Maulana Rabu, 21 April 2021 | 13:39 WIB

AJI Balikpapan Aksi Sematan Pita Putih, Solidaritas untuk Nurhadi Tempo
Pita putih disematkan ke lengan para pewarta di Kota Beriman. Aksi dimulai dengan membagikan dan menyematkan pita putih kepada wartawan yang hadir. [Inibalikpapan.com]

Pita putih disematkan ke lengan para pewarta di Kota Beriman. Aksi dimulai dengan membagikan dan menyematkan pita putih kepada wartawan yang hadir.

SuaraKaltim.id - Aksi sematan pita putih dilakukan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan di depan gedung DPRD Balikpapan, Rabu pagi (21/204/2021). Diikuti sekitar 25 jurnalis, sebagai bentuk solidaritas terhadap wartawan Tempo yang mengalami kekerasan saat liputan di Surabaya, beberapa waktu lalu.

Pita putih disematkan ke lengan para pewarta di Kota Beriman. Aksi dimulai dengan membagikan dan menyematkan pita putih kepada wartawan yang hadir.

“Ini sebagai tanda keprihatinan dan solidaritas kepada wartawan. Saya yakin di Balikpapan tidak terjadi aksi kekerasan kepada wartawan. Kekerasan wartawan merupakan pembungkaman terhadap kekebasan pers, ” tandas Ketua AJI Balikpapan Teddy Rumengan saat orasi di kantor DPRD Balikpapan, dilansir dari Inibalikpapan.com, media jarifngan Suara.com.

Teddy menjelaskan, tugas dan profesi wartawan dilindungi UU 40 tahun 1999. Apapaun bentuk kekerasan, kata dia, tidak dapat ditoleransi oleh pihak-pihak manapun.

Baca Juga: Simpan Sabu 2 Kilogram dalam Mobil, Wanita di Balikpapan Terciduk Polisi

”Kami mendesak kepolisian untuk segera menuntaskan karena ada aktor intelektual dibalik ini. Kami melihat ini belum tuntas walaupun sudah tahap penyidikan, ” tandasnya.

Rencana aksi solidaritas jurnalis ini diterima Wakil Ketua DPRD Subari. Aksi solidaritas ini tidak dikawal aparat kepolisian. Hanya beberapa anggota kepolisian di lapangan yang ikut berbaur dengan wartawan. Aksi inipun tidak mengganggu kegiatan sekretariat DPRD Balikpapan.

https://www.inibalikpapan.com/aji-dan-jurnalis-balikpapan-gelar-aksi-solidaritas-jurnalis-nurhadi-di-dprd-balikpapan/

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait