alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemen PUPR Siapkan Prasarana Air Bersih di Ibu Kota Negara Baru

Wakos Reza Gautama Jum'at, 04 Juni 2021 | 15:42 WIB

Kemen PUPR Siapkan Prasarana Air Bersih di Ibu Kota Negara Baru
Kawasan calon Ibu Kota Negara baru. (Antara)

Kemen PUPR menyiapkan prasarana penunjang pasokan air bersih di ibu kota negara baru

SuaraKaltim.id - Pemerintah saat ini sedang menyiapkan prasarana penunjang di ibu kota negara (IKN) baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Salah satu prasarana penunjang yang disiapkan di ibu kota negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, adalah prasarana penunjang pasokan air bersih.

Saa ini pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyiapkan prasarana penunjang pasokan air bersih.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman di Penajam, Jumat mengatakan, Kementerian PUPR terus mempersiapkan pemenuhan kebutuhan air bersih seiring rencana pemindahan ibu kota negara.

Baca Juga: Konsep Ekonomi Biru di Pulau Maratua Diluncurkan

Selain membangun bendungan, Kementerian PUPR juga membangun prasarana penunjang pasokan air bersih di wilayah Kecamatan Sepaku, yakni intake dan jaringan pipa transmisi sungai.

Pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi sungai di wilayah Kecamatan Sepaku tersebut dilakukan oleh BWS (balai wilayah sungai) Kalimantan Timur.

Intake dibangun jelas Ahmad Usman, dilengkapi dengan instalasi pengolahan air bersih (water traetment plant/WTP).

"Pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi sungai itu di wilayah Desa Sukaraja di atas lahan sekitar 99 hektare," tambahnya dilansir dari ANTARA.

Pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi sungai untuk menunjang pasokan air bersih ibu kota negara Indonesia yang baru.

Baca Juga: Penajam Paser Utara Butuh Balai Latihan Kerja

Anggaran pembangunan intake dan jaringan pipa sungai di wiayah Kecamatan Sepaku tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait