alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Sosok Pria yang Dijuluki Avatar Pengendali Api Saat Kebakaran Hebat di Gunung Bugis

Chandra Iswinarno Kamis, 10 Juni 2021 | 18:03 WIB

Ini Sosok Pria yang Dijuluki Avatar Pengendali Api Saat Kebakaran Hebat di Gunung Bugis
Viral Aksi 'Avatar' Pria Saat Kebakaran Rumah. (Instagram/@makassar_iinfo)

Ini sosok pria yang dijuluki avatar pengendali api dalam kebakaran yang terjadi di Gunung Bugis.

SuaraKaltim.id - Masih ingat dengan aksi seorang pria yang berdiri melakukan gerakan aneh saat kebakaran hebat menghanguskan rumah tinggal di beberapa RT yang berada di kawasan Gunung Bugis Kelurahan Baru Ulu, Kota Balikpapan pada Sabtu (5/6/2021)?

Pria yang sempat dijuluki Avatar pengendali api oleh warganet itu ternyata bernama Dahlan. Pria yang bekerja sebagai buruh bangunan ini kerap disapa Teong oleh teman-temannya.

Kepada Presisi.co-jaringan Suara.com, Teong mengaku spontan melakukan gerakan tersebut lantaran diliputi rasa panik, saat kebakaran menghanguskan puluhan tempat tinggal milik warga tersebut.

"Saat itu saya bantu pemadam juga, tapi karena kehabisan air akhirnya saya spontan melakukan gerakan itu," ungkapnya kepada Presisi.co pada Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Pemkot Kaltim akan Berikan Bantuan Uang Sewa Kepada Korban Kebakaran Gunung Bugis

Saat kejadian tersebut, dia membaca dua kalimat syahadat, salawat dan takbir. Setelahnya, dia pun pasrah dengan kehendak Yang Mahakuasa.

Dikemukakannya, aksi tersebut didasari karena air dari mobil pemadam telah habis, sedangkan mobil pemadam lainnya masih dalam perjalanan menembus akses yang cukup sempit untuk mencapai lokasi kebakaran.

Dahlan alias Teong yang belakangan viral karena aksinya seperti 'Avatar pengendali api' ketika kebakaran di Gunung Bugis Balikpapan. [Nur Rizna Feramerina/Presisi.co]
Dahlan alias Teong yang belakangan viral karena aksinya seperti 'Avatar pengendali api' ketika kebakaran di Gunung Bugis Balikpapan. [Nur Rizna Feramerina/Presisi.co]

"Sambil baca itu, saya ayunkan tangan saya. Di akhir, saya membuat gerakan menadahkan tangan seolah-olah memasrahkan semuanya kepada Yang Di Atas," tuturnya.

Tanpa disangkanya, tak berselang lama rintik hujan berjatuhan. Walau tidak deras, setidaknya doa yang dipanjatkan Dahlan berhasil dan cukup membantu pemadaman api.

Setelah kejadian tersebut, video aksinya itu tersebar luas. Dahlan mengaku agak khawatir dengan beraneka tanggapan warganet.

Baca Juga: Tunggu Hasil Pemeriksaan Kejiwaan, Polisi Belum Simpulkan Penyebab Kebakaran Gunung Bugis

"Saya takut dibilang musyrik. Padahal itu spontan saja. Ketika hujan turun berarti Allah menjawab doa saya," tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait