alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bantuan Beras 10 Kilogram, Bentuk Kompensasi Penerapan PPKM di Kukar.

Denada S Putri Kamis, 22 Juli 2021 | 20:02 WIB

Bantuan Beras 10 Kilogram, Bentuk Kompensasi Penerapan PPKM di Kukar.
Hanya mereka yang memenuhi kriteria yang mendapatkan.

Beras Bulog akan dibagikan secara merata per kepala keluarga (KK). Namun tak semua masyarakat.

SuaraKaltim.id - Warga Kutai Kartanegara (Kukar) akan mendapatkan bantuan sosial (bansos). Bansos itu berupa beras seberat 10 kilogram. Hal itu sebagai bentuk kompensasi. Lantaran penerapan PPKM juga dilakukan di Kukar.

Ini pun dibenarkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kukar, Didi Ramyadi. Bantuan beras Bulog akan dibagikan secara merata per kepala keluarga (KK). Namun tidak semua masyarakat akan mendapatkan. Hanya mereka yang memenuhi kriteria yang mendapatkan.

Seperti masyarakat yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di Kementerian Sosial (Kemensos). Menurutnya, kurang lebih ada 16 ribu KK yang terdata. Mereka tersebar di 18 kecamatan se-Kota Raja. Soal pelaksanaannya, Didi belum berani berspekulasi lebih. Dirinya memilih menunggu arahan yang jelas dari Kemensos.

"Bantuan segera disalurkan. Ini sedang memverifikasi validasi data. Kalau  memang data sudah valid langsung kami sampaikan," kata Didi, Rabu 21 Juli 2021 yang dikutip dari Presisi.co-Jaringan Suara.com.

Baca Juga: Bansos Beras dan Uang Rp 300 Ribu Akan Ada Lagi

Untuk mekanisme penyaluran bansos tersebut, rencananya akan menggandeng Kantor Pos. Dimana mereka akan bertugas sebagai pelaku ketiga yang menyalurkan bantuan. Agar bisa tepat sasaran, sesuai data yang terhimpun oleh Kemensos.

"Masyarakat tinggal menunggu saja bantuan datang ke rumah. Jadi tidak perlu repot-repot lagi," sambungnya.

Diketahui pula, masyarakat miskin tiap tahunnya rutin menerima bantuan Kemensos dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Yakni, berupa uang tunai yang ditransfer ke rekening masing-masing. Lalu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/kartu sembako berupa beras serta telur untuk bisa dimanfaatkan penerima bantuan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait