alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pakar Keamanan: Batasi Akses Lokasi PeduliLindungi

Denada S Putri Senin, 20 September 2021 | 21:13 WIB

Pakar Keamanan: Batasi Akses Lokasi PeduliLindungi
Kode batang (QR Code) aplikasi PeduliLindungi. [ANTARA]

Alasannya, tentu untuk melindungi privasi masyarakat dari tangan negara.

SuaraKaltim.id - Pakar keamanan data menganjurkan kepada warga negara Indonesia untuk tak memberikan akses lokasi ke aplikasi PeduliLindungi. Alasannya, tentu untuk melindungi privasi masyarakat dari tangan negara, walaupun aplikasi tersebut wajib digunakan oleh masyarakat ketika bepergian dan beraktivitas di fasilitas umum. Secara tidak langsung, para pakar menyarankan kepada masyarakat untuk membatasi akses lokasi menggunakan aplikasi tersebut

Melansir dari Suara.com, Senin (20/9/2021), untuk membatasi akses lokasi dari aplikasi tersebut bisa menggunakan berbagai macam cara. Cara paling gampang tentu dengan dengan mematikan fitur lokasi di ponsel masing-masing setiap kali kita berada di rumah atau ruang pribadi.

Untuk diketahui sebelumnya, Aplikasi PeduliLindungi mendapatkan banyak kritikan lantaran selain tidak amanah menjaga data pribadi pengguna, juga selalu mengakses lokasi pemilik ponsel. Alhasil privasi pengguna terganggu dan baterai ponsel juga terkuras lebih cepat.

Mematikan fitur lokasi ponsel bisa menjadi cara paling ringkas untuk membatasi akses PeduliLindungi terhadap privasi dan menghemat baterai. Cara mematikan fitur lokasi mudah saja:

Baca Juga: Perhatian, Masuk Polda Harus Sudah Divaksin Covid-19

  1. Aktifkan ponsel
  2. Sentuh layar dan gulirkan ke bawah
  3. Akan keluar fitur-fitur utama ponsel seperti: mobile data, wifi, airplane mode, dan lokasi
  4. Tap fitur lokasi untuk mematikan
  5. Notifikasi Aplikasi PeduliLindungi di ponsel kamu akan memberi pesan, "Oh Tidak! Aktifkan GPS Anda agar PeduliLindungi dapat berfungsi."
  6. Untuk mengaktifkannya lagi saat kamu akan ke tempat umum, tinggal tap kembali ikon lokasi dan notifikasi Aplikasi PeduliLindungi di ponsel kamu akan memberi pesan, "Selamat! Anda sedang ikut berpartisipasi!

Meski demikian, cara ini memiliki kelemahan karena akan membuat aplikasi lain yang benar-benar butuh akses lokasi tak bisa digunakan. Aplikasi pesan antar makanan seperti Gofood tak akan bisa digunakan jika akses lokasi dimatikan.

Alternatif kedua adalah dengan mencabut izin akses lokasi dari Aplikasi PeduliLindungi. Meski tak seringkas yang pertama, tetapi cara ini bisa membuat fungsi lokasi di ponsel aktif tanpa bisa diakses oleh PeduliLindungi. Dengan cara ini, aplikasi lain yang benar-benar butuh akses lokasi masih akan bisa menggunakannya.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka setting
  2. Masuk ke privacy atau privacy protection atau privasi
  3. Temukan fitur Lokasi atau Location dan sentuh
  4. Pada fitur lokasi kamu akan menemukan aplikasi apa saja yang diizinkan mengakses lokasi, termasuk PeduliLindungi
  5. Pilih PeduliLindungi dan akan keluar tiga pilihan: allow all the time, allow only while using the app, atau deny
  6. Kamu bisa memilih allow only while using the app atau deny
  7. Tutup fitur setting
  8. Untuk kembali mengaktifkan akses lokasi saat kamu ke tempat umum, ulang langkah 1 sampai 5. Lalu pilih opsi allow all the time.

Demikianlan cara-cara membatasi akses lokasi untuk aplikasi PeduliLindungi. Ingat, pembatasan ini sebaiknya hanya dilakukan saat kamu berada di rumah atau tempat yang benar-benar privasi dan bukan di tempat umum. PeduliLindungi merupakan aplikasi penting untuk mencegah dan membatasi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Kawasan Kota Tua Belum Dibuka Untuk Berolahraga

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait