alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sempat Takut, Akhirnya Pengrajin Tahu Tempe di Sentra IKM Somber Balikpapan Mau Divaksin

Denada S Putri Senin, 27 September 2021 | 18:00 WIB

Sempat Takut, Akhirnya Pengrajin Tahu Tempe di Sentra IKM Somber Balikpapan Mau Divaksin
Pengrajin tahu dan tempe di kawasan IKM Somber Balikpapan. [Inibalikpapan.com]

Alasan mereka takut divaksin karena termakan isu miring terkait vaksin.

SuaraKaltim.id - Dinas Koperasi UMKM dan Perundustrian (KUP) Kota Balikpapan menggelar vaksinasi di Sentra Industri Kecil Menegah (IKM) Somber. Senin (27/9/2021).

Sebanyak 59 pengrajin tahu tempe dan 154 pekerja serta 10 warga RT 85 mengikuti vaksinasi massal yang bekerjasama dengan Asosiasi Pengusah Indonesia (APINDO) Kaltim tersebut.

“Karena percuma saja kalau pelaku UMKM nya saja dan pekerjanya, kalau keluargnya gak divaksi juga . Makanya jumlahnya menjadi 358 orang itu,” ujar kepala Dinas KUP Kota Balikpapan Edward dikutp dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, di hari yang sama.

Ia mengaku, dukungan kegiatan vaksinasi di Sentra IKM Somber mendapatkan dukungan dari APINDO Kaltim, kemudian di fasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan.

Baca Juga: Info Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 Bulan September-Oktober di Malang Raya

ia juga mengungkapkan, sebelumnya para pengrajin tahu tempe takut divaksin. Lantaran termakan isu yang tidak benar terkait vaksin. Sehingga sebagian takut ketika diajak untuk vaksin.

“Baru yang pertama kami kan diawal-awal vaksin itu kita sudah menawarkan kepada para pelaku UMKM khususnya yang berada di Sentra tapi mereka belum berani lah dulu itu."

“Sempat takut karena berita-berita punya gejala lah, ada yang meninggal. Artinya masih dibayang-bayangi oleh itu. Kemudian memberi dampak efek pada tubuh setelah vaksin itu,” jelasnya.

Walau tak mudah, ia menjelaskan, setelah bebrapa tokoh masyarakat setempat sudah divaksin dan dalam kondisi yang baik-baik saja, barulah para pengrajin tahun tempe bersama pekerja dan keluarganya mau divaksin.

“Setelah ada beberapa orang tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Somber itu divaksin, ternyata masih sehat saja, ya mereka baru mau ikut vaksin (di) Sentra IKM Somber," tandasnya.

Baca Juga: CEO Pzier Prediksi Kehidupan Kembali Normal Tahun Depan, Tanda Pandemi Selesai?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait