facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Progres Pembangunan Jaringan Air PDAM di Kecamatan Babulu Baru Capai 35 Persen

Denada S Putri Kamis, 30 September 2021 | 18:16 WIB

Progres Pembangunan Jaringan Air PDAM di Kecamatan Babulu Baru Capai 35 Persen
Ilustrasi pipa air. (Shutterstock)

Tiga desa di Kecamatan Babulu yakni Desa Gunun Intan, Babulu Laut dan Babulu Darat akan mendapatkan jaringan air dari PDAM.

SuaraKaltim.id - Tiga desa di Kecamatan Babulu yakni Desa Gunun Intan, Babulu Laut dan Babulu Darat akan mendapatkan jaringan air dari PDAM. Proyeksi pembangunan tersebut yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) baru mencapai 35 persen.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) PPU Ricci Firmansyah menyampaikan, pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih, dari simpang Babulu ke arah reservoir Babulu Laut sudah selesai dilakukan.

“Pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih Kecamatan Babulu dari simpang Babulu ke arah reservoir Babulu Laut itu sudah selesai. Selanjutnya, setelah ada izin dari balai jalan kami lanjutkan pembangunannya dari bendung Babulu ke simpang Babulu. Progres saat ini sudah mencapai 35 persen,” terangnya, dilansir dari kaltimtoday.co--Jaringan Suara.com, Kamis (30/9/2021).

Pelaksanaan teknis pembangunan jaringan perpipaan serta supporting unit dilakukan oleh Dinas PUPR PPU. Panjang total jaringan pipa air itu diperkirakan mencapai 11 kilometer. Selanjutnya, untuk Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) akan dikelola oleh pihak Perumda Air Minum Danum Taka. 

Baca Juga: Kasus Pencabulan, Rahmad Mas'ud: Kita Kota Layak Anak, Tapi Ada yang Merusak

“Target selesai awal Desember dan sudah serah terima. Sambil berjalan, sambungan rumah (SR) juga dilakukan pemasangan, sehingga saat kami selesai PDAM juga sudah selesai SR-nya. Jadi Dinas PUPR yang tangani intake untuk ambil air, reservoir penampungan, rumah pompa dan jaringan pipa distribusinya,” lanjutnya.

Ada dua tempat pembangunan penampungan air baku atau reservoir yaitu di bendungan Babulu Darat dan daerah dekat gerbang Babulu Laut. Selain itu, WTP dengan kapasitas 1,5 liter per detik juga akan diaktifkan untuk mendukung wilayah sekitar pasar Babulu.

“Bendungan Babulu di bawah Balai Wilayah Sungai (BWS) IV, untuk proses pinjam pakai sudah dilakukan oleh PDAM sebagai pengelola. Dari BWS tahun depan akan melakukan normalisasi di waduk Babulu, mereka juga dukung dengan perbaikan pintu air dan struktur bendungan,” tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait