alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Lagi Terbatas, Fitur Caption Otomatis Hadir di YouTube saat Siaran Langsung

Denada S Putri Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:12 WIB

Tak Lagi Terbatas, Fitur Caption Otomatis Hadir di YouTube saat Siaran Langsung
Ilustrasi YouTube (Szabó Viktor/Pexels).

Sebelum resmi diluncurkan, fitur ini hanya berlaku bagi beberapa kreator saja.

SuaraKaltim.id - Fitur baru diumumkan  situs web berbagi video, alias YouTuber. Fitur tersebut ialah caption otomatis di live stream atau siaran langsung, yang sudah tersedia bagi para kreator.

Sebelum resmi diluncurkan, fitur ini hanya berlaku bagi beberapa kreator saja. Yakni bagi mereka yang sudah memiliki 1.000 subscribers di channel YouTubenya.

"Kreator kini dapat mengaktifkan live auto caption (subtitle otomatis) untuk live stream apapun dalam bahasa Inggris agar streaming lebih inklusif dan mudah diakses," kata YouTube dalam laman Support Google, dikutip dari Suara.com, Minggu (10/10/2021).

Demi mempermudah platformya untuk diakese para pengguna disabilitas, YouTube juga akan mengumumkan fitur baru lainnya. Beberapa fitur baru yang dihadirkan seperti live caption otomatis yang tersedia untuk 12 bahasa, tak hanya terbatas untuk bahasa Inggris. Beberapa bahasa yang tersedia termasuk Jepang, Turki, hingga Spanyol.

Baca Juga: Google Maps Siapkan Fitur Baru Khusus Pengendara Sepeda Motor

Platform yang berdiri pada 14 Februari 2005 ini juga menghadirkan resistensi untuk menambahkan beberapa trek audio dalam beberapa bahasa ke video. Lalu, ada deskripsi audio bagi mereka dengan keterbatasan penglihatan.

Ada pula perluasan fitur terjemahan otomatis yang akan hadir di perangkat seluler iOS dan Android. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk YouTube versi Desktop.

Kemudian, beberapa trek audio juga akan lebih banyak tersedia dalam kuartal mendatang. Lalu ada opsi agar pengguna bisa mencari transkrip video di ponsel, di mana pengguna bisa melihat seluruh caption di tiap menit tanpa harus menonton semua video.

Lebih lanjut, YouTube menyatakan mereka masih bekerja pada fitur izin Subtitle Editor, dan akan memberikan pembaruan tentang kemajuannya dalam beberapa bulan mendatang. Dengan ini, kreator bisa menunjuk orang lain untuk menambahkan subtitle ke video mereka.

Baca Juga: Permudah Travellers! PeduliLIndungi Terintegrasi dengan Tiket.com

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait