alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banjir Semakin Luas di Babulu, Korban Terdampak Mencapai 692 Jiwa

Denada S Putri Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:40 WIB

Banjir Semakin Luas di Babulu, Korban Terdampak Mencapai 692 Jiwa
Jalan poros Desa Sumber Sari tergenang akibat banjir yang semakin tinggi. [kaltimtoday.co]

Sedangkan korban banjir yang mengungsi sebanyak 36 KK dengan 122 Jiwa.

SuaraKaltim.id - Area terdampak Banjir di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) semakin luas. Banjir tersebut mengakibatkan aktivitas sebagian warga menjadi lumpuh.

Tercatat 10 RT yang terdampak banjir yaitu RT 03, 08, 09, 10, 11, 12, 13, 14, 15 dan RT 16 dengan ketinggian air bervariasi. Terparah adalah wilayah RT 08, 09, 10, dan RT  11, dimana ketinggian air mencapai 130 sentimeter.

Keseluruhan korban terdampak mencapai 225 KK dengan 692 Jiwa, sedangkan korban banjir yang mengungsi sebanyak 36 KK dengan 122 Jiwa. Gedung serba guna Desa Sumber Sari menjadi lokasi pengungsian utama yang menampung 15 KK dan 55 jiwa. Ada pula yang mengungsi ke rumah keluarga, pasar, dan Pusban Desa Sumber Sari.

Selain itu, banjir mengakibatkan beberapa ruas jalan tergenang, termasuk jalan poros. Warga juga harus memindahkan barang berharga, gabah, hingga hewan ternak mereka ke tempat yang lebih aman. Dapur umum disediakan oleh relawan guna memenuhi kebutuhan konsumsi bagi pengungsi, warga terdampak dan petugas di lapangan. 

Baca Juga: Jateng Rawan Bencana, Ganjar: Baca Terus Kondisi Cuaca, Semua Siaga!

Plt. Sekretaris Daerah PPU Muliadi, didampingi Camat Babulu Margono dan Kepala BPBD PPU Marjani, meninjau lokasi banjir di Desa Sumber Sari hingga perbatasan Sebakung Makmur, Kecamatan Long kali pada Minggu, (10/10/2021).

Rombongan tersebut memberikan bantuan sembako kepada korban terdampak banjir, juga memastikan kondisi para pengungsi dalam keadaan baik.

“Semoga banjir ini tidak terlalu berdampak parah bagi warga. Kami senantiasa berusaha untuk meminimalisir dampak banjir, kami berharap banjir dapat segera teratasi dan kehidupan warga dapat berjalan normal kembali,” kata Muliadi, dikutip dari kaltimtoday.co--Jaringan Suara.com, Selasa (12/11/2021).

Adapun tim yang terjun ke lapangan diantaranya BPBD PPU, Camat Babulu, Polsek Babulu, Koramil Babulu, Pemerintah Desa Sumber, PMI PPU, Pramuka Babulu, Destana Sumber Sari, Dinas Sosial PPU, dan relawan.

Baca Juga: Waspada Banjir, Air Sungai di Kota Bontang Mulai Meninggi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait