alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Biaya Transfer Antar Bank Turun Jadi Rp 2.500, Implementasi Dilakukan Akhir 2021

Denada S Putri Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Biaya Transfer Antar Bank Turun Jadi Rp 2.500, Implementasi Dilakukan Akhir 2021
Ilustrasi transfer uang antar bank. [Istimewa]

Penurunan tarif transfer antar bank ini akan makin meningkatkan transaksi masyarakat.

SuaraKaltim.id - Banyak bank memberlakukan biaya pengiriman uang ke bank lain dengan tarif Rp 6.500. Kini biaya transfer antar bank dipastikan akan turun menjadi Rp 2.500 untuk sekali transaksi.

Hal itu merupakan realisasi BI-FAST yang dilakukan Bank Indonesia (BI) di Desember 2021. Langkah tersebut untuk mendukung konsolidasi industri dan integrasi ekonomi dan keuangan digital (EKD) nasional secara end to end.

Implementasi penurunan tarif tersebut akan dimulai pada akhir 2021. Pernyataan itu disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo.

"Ada 22 bank dan mengajak bank dan non bank untuk implementasikan BI-FAST," katanya disadur dari Suara.com, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Sumsel Dinobatkan "Display" Ekonomi Pulau Sumatera, tapi Hadapi Masalah Ini

Ia pun berharap penurunan tarif transfer antar bank ini akan makin meningkatkan transaksi masyarakat dan lebih mendorong peningkatan perkembangan digitalisasi ekonomi keuangan secara nasional.

Sekedar informasi, BI Fast merupakan infrastruktur sistem pembayaran bagi pelaku industri, ritel, dan UMKM lewat pembayaran transfer online. BI Fast akan memfasilitasi pembayaran ritel menggunakan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara tanpa batas waktu atau 24/7.

"BI bersama industri mulai implementasikan bi-fast, yaitu infrastruktur pembayaran ritel, dengan nilai sampai Rp 250 juta dengan terus bekerja 24/7 dan real time dan dengan biaya yang murah 2.500 rupiah ke nasabah," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait