alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kawasan Tepian Mahakam Kembali Dibuka, Penjual yang Berjualan Bukan Sembarangan

Denada S Putri Minggu, 21 November 2021 | 18:19 WIB

Kawasan Tepian Mahakam Kembali Dibuka, Penjual yang Berjualan Bukan Sembarangan
Sejumlah warga kembali menikmati kuliner yang disediakan para pedagang di Tepian Mahakam. [ANTARA]

Status mereka bukan lagi pedagang kaki lima, melainkan UMKM binaan Dinas Koperasi Samarinda.

SuaraKaltim.id - Kawasan Tepian Mahakam yang merupakan tempat bersantai  warga Kota Tepian memang sudah lama tidak beroperasi. Hal itu terjadi akibat dari aturan PPKM  di Samarinda sejak pandemi Covid-19 meningkat di kota tersebut.

Kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mengizinkan kembali kawasan tersebut untuk dibuka. Pembukaan ulang terjadi pada Sabtu sore (20/11/2021). Para pedagang, nampak kembali dapat berjualan di lokasi itu.

"Alhamdulillah pembukaan pertama ini kawan-kawan pedagang sudah mulai berjualan walaupun ada sebagian yang belum bisa berjualan," kata Penanggung Jawab Ikatan Pedagang Tepian Mahakam (IPTM) Mis Heldy Zahri, melansir dari ANTARA, Minggu (21/11/2021).

Ia menyebutkan, para pedagang sangat senang dan bahagia dapat kembali berjualan. Terlebih status mereka bukan lagi pedagang kaki lima, melainkan UMKM binaan Dinas Koperasi Samarinda.

Baca Juga: Buat Warga Kota Tepian, Perayaan Tahun Baru 2022 di Samarinda Dilarang

"Dari sekian banyak pedagang yang berjualan sudah terseleksi dari KTPnya yang di Samarinda, kemudian berjualan di sini sebagai pemasukan utama, terseleksi lagi dengan orang-orang yang bisa diatur," tuturnya.

Ia menjelaskan, adapun para pedagang mendapat CSR  dari Bank Kaltimtara, mulai dari rombong, kursi hingga meja. Di luar CSR Bank Kaltimtara tidak boleh berjualan di sini. Hal itu sudah menjadi komitmen dari pemerintah dan sudah disepakati semua OPD.

Ia mengemukakan, para pedagang yang berjualan di sana sudah mengikuti aturan yang ditentukan dan pihaknya akan melihat apakah dihari pertama kebersihan mampu dijaga.

"Para pedagang pukul  21.30 Wita sudah harus tutup, nanti tim kebersihan ada sendiri yakni dari pedagang  itu sendiri," terangnya.

Pada pembukaaan kawasan Tepaian Mahakam itu dihadiri Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi  Wongso yang meninjau langsung  kebeberapa tempat.

Baca Juga: Seorang Wanita di Samarinda Ini Meninggal Mendadak di Salah Satu SPBU

Ia menyampaikan bahwa orang nomor dua di Samarinda itu benar-benar hanya meninjau dan mengontrol area Tepian Mahakam. Walaupun sempat dirinya berpikir akan ada serah terima rombong, namun hal itu ternyata tidak terjadi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait