alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Balikpapan Barat Alami Banjir Rob Tertinggi, Bantuan Pemkot Belum Diterima

Denada S Putri Minggu, 05 Desember 2021 | 19:27 WIB

Balikpapan Barat Alami Banjir Rob Tertinggi, Bantuan Pemkot Belum Diterima
Banjir ROB di Balikpapan Barat. [Inibalikpapan.com]

"Kami disini sudah ada Kampung Siaga Bencara."

SuaraKaltim.id - Warga yang bermukim di Kecamatan Balikpapan Barat terutama di daerah pesisir seperti Margasari, Baru Tengah dan Baru Ulu beberapa hari ini dibuat was-was, pasalnya air laut tampak pasang melebih sewajarnya, orang-orang biasanya menyebut banjir rob. 

Udin warga yang bermukim di RT 11 Margasari mengaku, banjir rob kali ini jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Karena saat itu, kalau pun air laut naik, tidak sampai mengenai rumah warga, tapi beberapa hari ini rumah warga sudah terendam.

“Kalau naik biasa tidak sampai rumah ini, tapi ini sudah kena air laut,” ujarnya melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Minggu (5/12/2021)

Sementara itu, Ketua RT 30 Margasari, Abdal mengaku, banjir rob yang terjadi ini cukup tinggi dibandingkan beberapa tahun terakhir. Meski begitu warga masih bertahan di rumah masing-masing dan belum ada yang mengungsi karena ingin berjaga-jaga di dalam rumah

Baca Juga: Curah Hujan di Banten Tinggi, BPBD Lebak Siaga Bencana Banjir

“Untuk bantuan belum ada dari Pemerintah Kota, tapi kami disini sudah ada Kampung Siaga Bencara, sehingga sudah ada petugas yang mengimbau keliling rumah warga untuk selalu waspada,” katanya.

Hal senada disampaikan Pembina KSB Margasari, Mulyadi yang mengaku sudah mengajak anggota KSB untuk bersama-sama mengingatkan warga yang tinggal dipesisir untuk selalu waspada karena banjir rob yang cukup tinggi. 

“Saat ini ketinggiannya air sudah sampai lutut, dan ini cukup tinggi dibandingkan pada 2018 lalu,” akunya. 

Pihaknya juga terus melakukan imbauan ke warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, pasalnya setelah banjir rob turun maka sampah-sampah plastik biasanya bersangkutan di jembatan-jembatan. 

“Makanya kami rutin bersihkan sampah, termasuk saat banjir rob ini sampah yang mengapung juga kami bersihkan,” tutupnya.

Baca Juga: Pendidikan dan Kesehatan, Dua Bidang Utama Jadi Fokus Pemkot Balikpapan, Buktinya?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait