facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banjir di Desa Santan Tengah, 10 RT Tak Terselamatkan, Pemkab Kukar Disebut Tak Membantu

Denada S Putri Jum'at, 07 Januari 2022 | 19:00 WIB

Banjir di Desa Santan Tengah, 10 RT Tak Terselamatkan, Pemkab Kukar Disebut Tak Membantu
Situasi jalan di Desa Santan Tengah kembali tergenang banjir. [KlikKaltim.com]

"Dari kabupaten tidak ada, belum ada sampai sekarang," tandasnya.

SuaraKaltim.id - Dalam sepekan, Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dua kali terendam banjir luapan sungai dari hulu. Dari 13 RT yang berada di Desa Santan Tengah, tersisa tiga RT yang tidak terdampak. Selebihnya terdampak dari luapan sungai.

Salah satu warga yang terdampak, Zainuddin menyampaikan, banjir yang sekian kalinya melanda di desanya itu merupakan banjir luapan sungai. Kali ini termasuk banjir dengan intensitas tinggi dibanding dengan Sabtu (1/1/2022) lalu.

Katanya, banjir sempat surut di daerahnya dalam tempo tiga hari banjir. Kemarin, Kamis (6/1/2022) air kembali menggenang di permukimannya.

"Keliatan ini, masih pasang terus. Di jalan saja naik sudah sampai lutut," bebernya, melansir dari KlikKaltim.com--Jaringan Suara.com, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Hujan Angin Terjang Surabaya, Sejumlah Ruas Jalan dan Kampus Unair Kebanjiran

Pun rumah yang ia tempati nyaris terendam banjir dari ketinggian 1,10 meter dari dasar tanah. Artinya, ketinggian banjir sudah mencapai satu meter lebih.

"Di rumah itu tinggal 5 sentimeter naik sudah," jelasnya.

Akibat luapan air itu, ia terpaksa tak memanen hasil kebun miliknya. Sementara, kebun sawit mereka terpaksa dipanen dengan cara menggunakan alat bantu perahu. Karena area perkebunan dikelilingi banjir hingga di jalan utama.

"Itu termasuk kita paksa sebenanrya," tandasnya.

Lebih lanjut, ia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar ada perhatian kepada warga yang terdampak banjir. Termasuk di Desa Santan Tengah. Seperti memberikan bantuan berupa perahu karet, penyelamatan bagi warga yang terdampak. 

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Siapkan Empat Waduk Untuk Antisipasi Banjir

Pasalnya, mereka terpaksa basah-basahan ketika menyeberang sungai menuju ke jalan. Lantaran ketinggian banjir di halaman rumah setinggi dada orang dewasa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait