alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Dapat Pengamanan Ketat dari TNI dan Polri, Ada Apa Tuh?

Denada S Putri Jum'at, 14 Januari 2022 | 20:39 WIB

Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Dapat Pengamanan Ketat dari TNI dan Polri, Ada Apa Tuh?
Gabungan polisi dari Sabhara dan Brimob dalam latihan pengamanan Kilang Balikpapan awal Desember 2021 lalu. [ANTARA]

"Ada Petunjuk Teknis dan Pedoman Kerja Teknis dengan kesatuan TNI dan POLRI yang ada di Balikpapan. Di situ diatur detil langkah-langkah yang harus diambil para pihak."

SuaraKaltim.id - Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan yang memproduksi 25 persen pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas nasional, mendapat pengamanan khusus. Pengamanan khusus tersebut berasal dari polisi dan TNI.

“Fasilitas ini merupakan obyek vital nasional,” kata Pejabat Sementara General Manager (Pjs GM) KPI Unit Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo, menyadur dari ANTARA, Jumat (14/1/2022).

Sebagai penyedia energi, menurutnya, Pertamina turut menjaga kedaulatan negara. Ia mengaku hal tersebut tak bisa dilakukan sendiri. Maka, agar kilang minyak bisa berproduksi dengan lancar, katanya, keamanan di sekitar kilang perlu dimaksimalkan.

Menurutnya, Pertamina didukung penuh TNI dan Polri dalam hal pengamanan kilang tersebut. Di Polda Kaltim ada bagian khusus, yaitu Direktorat Obyek Vital Nasional (Dir Obvitnas)

Baca Juga: Jabatan Pangkostrad 2 Bulan Kosong, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Beber Penyebabnya

Ia mengatakan, karena kilang adalah lingkungan khusus di mana zat dan benda mudah terbakar ada di mana-mana, Pertamina dan TNI-Polri menyepakati berbagai hal teknis pengamanan kilang.

“Ada Petunjuk Teknis dan Pedoman Kerja Teknis dengan kesatuan TNI dan POLRI yang ada di Balikpapan. Di situ diatur detil langkah-langkah yang harus diambil para pihak seandainya ada gangguan keamanan. Diatur mulai dari komunikasi, koordinasi, hingga tahapan pengerahan personel," katanya.

Di sisi lain lagi, lanjutnya, Pertamina juga memerlukan dukungan dari semua pemangku kepentingan. Terutama masyarakat yang berada di lingkungan terdekat kilang.

Kilang Balikpapan ditetapkan sebagai objek vital nasional dengan Keputusan Presiden RI Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional serta Keputusan Menteri ESDM RI Nomor 202.K/HK.02/MEM.S/2021 tahun 2021 tentang Objek Vital Nasional Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral. Pihaknya juga baru saja menandatangani Petunjuk Teknis dan Pedoman Kerja Teknis dengan TNI Polri.

"Ini merupakan bentuk tata nilai AKHLAK, terutama nilai Kolaboratif. Pertamina berkolaborasi dengan TNI Polri untuk memastikan kedaulatan negara di bidang energi," tandasnya.

Baca Juga: Ada 28 Jabatan Anyar di Lingkup TNI, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Masih Kebut Susun Peraturannya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait