facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Balikpapan PPKM Level 1, Wali Kota Rahmad Mas'ud: Prokes Dijaga

Denada S Putri Rabu, 13 April 2022 | 20:15 WIB

Balikpapan PPKM Level 1, Wali Kota Rahmad Mas'ud: Prokes Dijaga
Wali Kota Rahmad Mas'ud. [Inibalikpapan.com]

Diizinkan beroperasi 100 persen dari kapasitas maksimal.

SuaraKaltim.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan kembali mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 300/211/PEM tentang pelaksanaan pemberlakukan Pembatadan Kegiatan Masyarakat Level 1, hal ini sesuai dari instruksi Kemendagri.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud  mengatakan, saat ini kondisi Covid-19 di Kota Balikpapan lagi melandai, terbaru informasi dari Kemendagri jika saat ini Kota Balikpapan berada di PPKM level 1.

“Meski begitu kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakar harus tetap prokes dijaga dan jangan sampai lengah,” ujarnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Rabu (13/4/2022).

Adapun beberapa ketentuan dalam surat edaran tersebut diantaranya kegiatan belajar mengajar dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan i Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Tahun 2021, HK.01.08/MENKES/6678/2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Selama dalam PPKM Level 1, PTM terbatas dapat dilaksanakan 100 persen. 

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Kota Balikpapan dan Sekitarnya Rabu 13 April 2022

Untuk kegiatan pusat perbelanjaan, batas jam operasional pukul 22.00 Wita. Diizinkan beroperasi 100 persen dari kapasitas maksimal.

"Wajib penerapkan protokol kesehatan secara ketat memakai masker, mencuci tangan/handsanitizer, menjaga jarak dan mengukur kerumunan suhu serta menghindari kerumunan," ucapnya.

Begitu juga dengan kegiatan di bipskop, diizinkan beroperasi 100 persen dari kapasitas maksimal dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dan Kuning. Wajib penerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Yakni memakai masker, mencuci tangan/handsanitizer, menjaga jarak dan mengukur suhu serta menghindari kerumunan.

Kemudian, wajib mengunakan Aplikasi PeduliLindungi, dan bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 12 tahun wajib didampingi orangtua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama. Apabila ditemukan klaster penyebaran Covid-19 pada unit kegiatan bioskop, maka unit yang bersangkutan ditutup sementara selama 5 (lima) hari.

"Untuk tempat wisata diizinkan beroperasi sampai dengan 100 persen dari kapasitas maksimal. Wajib penerapkan protokol kesehatan secara ketat (memakai masker, mencuci tangan/handsanitizer, menjaga jarak dan mengukur suhu serta menghindari kerumunan) dan menerapkan Aplikasi PeduliLindungi pada saat masuk dan keluar tempat wisata, hanya pengunjung/pegawai yang kategori hijau dan kuning yang dapat masuk tempat wisata Apabila ditemukan klaster penyebaran Covid-19 pada unit kegiatan wisata, maka unit yang bersangkutan," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kota Balikpapan dan Sekitarnya Selasa 12 April 2022, Lengkap dengan Bacaan Doa

Kepada seluruh Pengurus Tempat Ibadah, DIimbau agar secara rutin dan terus-menerus sebelum pelaksanaan Ibadah, menyampaikan/mengingatkan kewajiban masyarakat menerapkan prokes 3M. Baik saat di tempat ibadah maupun di tempat-tempat dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait