facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

1 Orang di Kalimantan Timur Dinyatakan Bergejala Hepatitis Akut Misterius, Total Ada 18 Kasus di Indonesia

Bella | Stefanus Aranditio Jum'at, 13 Mei 2022 | 16:13 WIB

1 Orang di Kalimantan Timur Dinyatakan Bergejala Hepatitis Akut Misterius, Total Ada 18 Kasus di Indonesia
Hepatitis Akut misterius [Antara]

18 kasus tersebut tersebar di Kalimantan Timur (1), Sumatera Utara (1), Sumatera Barat (1), Kepulauan Bangka Belitung (1), DKI Jakarta (12 kasus), Jawa Barat (1), dan Jatim

SuaraKaltim.id - Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta dr. Mohammad Syahril mengungkapkan terdapat 1 kasus orang yang bergejala hepatitis akut misterius di Kalimantan Timur per 11 Mei 2022.

Lebih lengkap, Syahril membeberkan terdapat 18 kasus orang yang bergejala hepatitis akut misterius di Indonesia per 11 Mei 2022.

18 kasus tersebut tersebar di Kalimantan Timur (1), Sumatera Utara (1), Sumatera Barat (1), Kepulauan Bangka Belitung (1), DKI Jakarta (12 kasus), Jawa Barat (1), dan Jawa Timur (1).

"Ada 18 kasus yang bergejala yang disebut dengan acute hepatitis of unknown etiology atau hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya," ungkap Syahril dalam jumpa pers di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Antisipasi Hepatitis Misterius, Dinkes Kota Jogja Minta Waspadai Jajanan Anak di Sekolah

Syahril membeberkan, berdasarkan jenis kelamin para pasien ini sama rata yakni 9 laki-laki, 8 perempuan, dan 1 masih dalam proses verifikasi.

Sementara dari segi usia, pasien didominasi anak-anak, yakni usia 0-4 tahun ada 4 orang, usia 5-9 tahun ada 6 orang, usia 10-14 tahun ada 4 orang, dan usia 15-20 tahun ada 4 orang.

"Kemudian dari 18 ini, pasien yang meninggal ada 7 orang, dan masih hidup 11 orang," ucapnya.

Syahril menerangkan, gejala yang paling banyak terjadi pada 18 orang ini antara lain; demam, mual, muntah, hilang nafsu makan, diare akut, perut nyeri, nyeri sendi, mata dan kulit kuning, gatal, urin keruh seperti teh, dan perubahan warna feses.

Baca Juga: Hepatitis Akut Muncul di Jakarta, Pemprov DKI Belum Kurangi Kapasitas PTM

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait