facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Ini, Sebanyak 356 Calon Jemaah Haji Kaltim Kloter 1 Masuki Asrama, Karantina 24 Jam Dilakukan

Denada S Putri Selasa, 21 Juni 2022 | 17:00 WIB

Hari Ini, Sebanyak 356 Calon Jemaah Haji Kaltim Kloter 1 Masuki Asrama, Karantina 24 Jam Dilakukan
Calon Jemaah Haji kloter 1 memasuki Asrama Haji Batakan. [Inibalikpapan.com]

Keberangkatan calon jemaah haji diperkirakan akan dilakukan Rabu besok.

SuaraKaltim.id - Sebanyak 356 calon jemaah haji Kaltim kloter 1 telah memasuki Asrama Haji Batakan pada, Selasa (21/6/2022).

Kloter pertama tersebut, berasal dari gabungan 3 daerah. Yakni Kota Samarinda, Kabupaten Paser, dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Kloter pertama jamaah calon haji asal Kaltim ini berasal dari Kota Samarinda sebanyak 186 orang, Kabupaten Paser 112 orang, dan Kabupaten PPU 56 orang. Ditambah 4 petugas, totalnya 360 orang yang berangkat,” ujar Sekretaris PPIH Embarkasi Haji Batakan, Kabul Budiono, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, di hari yang sama.

Ia mengatakan, di Asrama Haji Batakan, jemaah calon haji akan menjalani masa karantina selama 24 jam. Selama masa karantina ini, maka jemaah calon haji akan mendapat berbagai pembekalan.

Baca Juga: Jadwal Lempar Jumrah Jamaah Haji Indonesia Dibagi Dua

Ia menjelaskan, pembinaan yang dilakukan seperti pembinaan manasik haji. Tujuannya untuk kelancaran calon jemaah saat menunaikan ibadah haji di Mekkah nanti.

“Di samping itu juga ada pemantapan petugas yang turut diberangkatkan,” jelasnya.

Setelahnya, jemaah calon haji akan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan. Untuk menentukan kelayakan bepergian para calon jemaah haji.

Ia menuturkan, rencananya, para calon jemaah haji ini akan diberangkatkan pada Rabu (22/6/2022) besok sore. Persisnya sekitar pukul 16.30 Wita.

“Besok kita akan berangkatkan menuju Jeddah itu pada Rabu semula direncanakan pukul 13.30 Wita, tapi karena penundaan dari pihak maskapai, maka  keberangkatan akan diundur menjadi jam 16.30 Wita,” ucapnya.

Baca Juga: Lebaran Haji 2022 Tanggal Berapa? Ini Penetapan Idul Adha Menurut Muhammadiyah dan Pemerintah

Ia melanjutkan, setelah kloter pertama jemaah calon haji ini diberangkatkan, maka Embarkasi Haji Batakan akan kemudian menerima kedatangan rombongan calon jemaah haji  kloter kedua.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait