facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dishub Balikpapan Bakal Buat Rekayasa Lalin di Simpang Muara Rapak: Sudah Menghitung dan Disurvei

Denada S Putri Minggu, 26 Juni 2022 | 19:38 WIB

Dishub Balikpapan Bakal Buat Rekayasa Lalin di Simpang Muara Rapak: Sudah Menghitung dan Disurvei
Simpang Muara Rapak, Balikpapan. [Istimewa]

Rekayasa ini kita lakukan sambil menunggu pengerjaan pelebaran di sekitar turunan Muara Rapak..."

SuaraKaltim.id - Rekayasa lalu lintas (Lalin) di simpang Muara Rapak terus diupayakan Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang terjadi di kawasan tersebut.

Kepala Dishub Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan, pihaknya bersama dengan Forum lalin memang sudah membahas beberapa kajian untuk mengatur lalin di Muara Rapak.

Salah satu usulannya, yakni kendaraan kecil roda 4 dan roda 2 yang dari arah Soekarno-Hatta mau ke Karang Anyar akan dialihkan ke sebelah kiri menuju ke Jalan Ahmad Yani dan berbelok di depan RS Ibnu Sina.

“Kami bersama pihak sudah menghitung dan disurvei kalau diarahkan ke kiri maka akan menyebabkan kemacetan yang berada disisi jalan lainnya, cuma terjadi di jam-jam tertentu,” ujarnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga: Bus Putra KJU Kecelakaan di Cibadak Lebak, Mobil Terbalik di Depan SPBU Sumurbuang

Sehingga katanya, nanti diupayakan yang dari Ahmad Yani mau ke Karang Anyar akan langsung lewat tanpa menunggu lampu lalin. Hal ini juga menimbang berdasarkan badan jalan yang tidak terlalu lebar di kawasan tersebut.

“Rekayasa ini kita lakukan sambil menunggu pengerjaan pelebaran di sekitar turunan Muara Rapak, saat ini sudah ada pemenang lelangnya,” katanya.

“Kalau pembangunannua belum tahu kapan karena ada diranah PUPR mengingat status jalan Soekarno Hatta merupakan jalan Nasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, simpang Muara Rapak adalah tempat di mana pada awal tahun ini terjadi kecelakaan beruntun yang menewaskan sejumlah pengendara. Kecelakaan tersebut terjadi pada Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA.

Kala itu, sebuah truk tronton bermuatan 20 ton menabrak belasan kendaraan saat berhenti dan menunggu lampu lalin berubah warna hijau. Truk itu bernomor polisi (Nopol) KT 8534 AJ.

Baca Juga: Truk Tangki Pengakut Zat Kimia Terguling di Merak, 12 Ton Hcl Tumpah ke Jalan

Truk tronton itu bergerak menuju Kampung Baru, Balikpapan Barat. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kapolda Kaltim Sony Irawan saat itu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait