facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

PLN UIW Kaltimra Akui Adanya Gangguan Transmisi di 2 Sistem: Maaf Kepada Seluruh Masyarakat

Denada S Putri Kamis, 07 Juli 2022 | 17:23 WIB

PLN UIW Kaltimra Akui Adanya Gangguan Transmisi di 2 Sistem: Maaf Kepada Seluruh Masyarakat
General Manager PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto. [Inibalikpapan.com]

"Alhamdulilah kejadian kemarin tidak sampai menyebabkan black out total."

SuaraKaltim.id - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kaltim – Kaltara (Kaltimra) menyampaikan permohonan maaf atas pemadaman yang terjadi pada Selasa (5/7/2022) kemarin.

Pemadaman bahkan terjadi di wilayah Kalimantan khususnya sebagain Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kaltim, sekitar pukul 16.24 Wita.

“Kemarin telah terjadi gangguan transmisi 150 KV interkoneksi sistem Kalimantan tepatnya Kalsel Sistem Barito dengan Sistem Mahakam yang ada di Kaltim,” ujar General Manager PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto, dikutip dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Kamis (7/7/2022).

Ia mengatakan, Sistem Barito dan Sistem Mahakam selama ini menyuplai listrik bagi wilayah Kalteng, Kalsel dan Kaltim. Gangguan tersebut, akibat lepasnya interkoneksi  di titik Barikin–Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalsel hingga terjadi pemadaman.

Baca Juga: Sebanyak 1.740 Unit Honda Gold Wing Mengalami Recall

“Kejadian semalam terjadi lepas interkoneksi titik gangguannya sedang dilakukan investigasi tepatnya di Tanjung-Barikin, mengalami kerusakan,” ucapnya.

Laporan yang diterima, kemungkinan karena sambaran petir di wilayah tersebut. Sehingga interkoneksinya terputus. Namun beruntungnya tidak terjadi black out atau pemadaman total.

“Kemarin berdasarkan laporan teman-teman di lapangan, dari unit pengelola transmisi di lokasi terjadi hujan lebat, petir menyambar kemungkin mengenai jalur transmisi kita, sehingga sistem interkoneksi ini menjadi lepas atau terputus,” jelasnya.

“Alhamdulilah kejadian kemarin tidak sampai menyebabkan black out total. Karena sistem tetap berkerja meski tidak optimal terutama di Kota Samarinda , Bontang dan sekitarnya,” imbuhnya.

Ia menegaskan, wilayah Balikpapan tak terjadi gangguan, hanya di Penajam Paser Utara (PPU) dan Paser. PLN pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan akibat gangguan tersebut.

Baca Juga: Meski Mulai Ditinggalkan, BMW Menilai Penggunaan Transmisi Manual Akan Tetap Ada

“Kami dari PLN Wilayah Kaltim dan Kaltara menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat pelanggan PLN atas kejadian tersebut yang memang tidak bisa kita duga,” terangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait