Sambut HUT RI, Mulai Konser Hingga Jalan Sehat Diperbolehkan di Balikpapan, Syaratnya...

Zulkifili mengatakan, syarat tersebut tak boleh diabaikan.

Denada S Putri
Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:07 WIB
Sambut HUT RI, Mulai Konser Hingga Jalan Sehat Diperbolehkan di Balikpapan, Syaratnya...
Kabid Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli. [Suara.com/Arif Fadillah]

SuaraKaltim.id - Kemeriahan HUT RI ke-77 tampaknya akan dirasakan warga Balikpapan. Pasalnya beberapa kegiatan mendapatkan izin untuk digelar. Seperti konser musik yang akan berlangsung pada 27 Agustus mendatang di Stadion Batakan, Balikpapan. 

Konser musik itu menghadirkan musisi papan atas. Seperti Noah, Bunga Citra Lestari, Weird Genius, The Changcuters hingga Guyon Waton. Bukan tanpa alasan, beberapa waktu lalu Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli menegaskan konser musik boleh digelar dengan syarat mengikuti protokol kesehatan (Prokes). 

Juga, menyertakan bukti sudah divaksin booster maupun hasil tes antigen jika masih vaksin dosis dua. Selain konser musik, Zulkifli juga menjelaskan bahwa Pemkot Balikpapan memperbolehkan kegiatan jalan sehat yang dilakukan warga kota.

Mengingat, warga Balikpapan diprediksi bakal mulai memeriahkan dengan berbagai kegiatan di tingkat RT hingga kecamatan. Namun prokes harus diterapkan dan tidak boleh abai, minimal menggunakan masker.

Baca Juga:Indra Lesmana Positif Covid-19, Konser Ditunda

"Jadi kami minta kepada pihak penyelenggara atau panitia pelaksana untuk mengatur warga agar jangan berkerumun, dengan segmennya dibagi atau dipecah minimal satu rombongan itu maksimal 300 orang dulu, kemudian yang lain bisa menyusul beberapa menit kemudian dan begitu seterusnya," kata Zulkifli, Kamis (11/8/2022) 

Ia menyampaikan, jangan sampai ada yang berkerumun. Standar yang aman jalan sehat itu 300 orang. Kemudian disusul lagi dengan peserta jalan sehat yang lain. Hal itu untuk mencegah terjadinya kerumunan dengan jumlah massa yang besar.

Menurutnya, panitia penyelenggara tidak akan bisa memprediksi jumlah peserta yang akan mengikuti jalan santai yang akan digelar. Beda dengan penyelenggaraan konser, karena kalau konser kita akan tahu dengan jumlah tiket yang disediakan, artinya bisa diprediksi.

"Namun kalau jalan santai siapa yang bisa prediksi jumlah warga yang ikut jalan santai. Sebab biasanya itu Kelurahan akan bekerjasama dengan LPM untuk memeriahkan HUT RI Ke-77," tuturnya.

Dirinya menambahkan, Pemkot Balikpapan memperbolehkan menggelar jalan santai untuk memeriahkan HUT RI Ke-77. Namun pihaknya meminta kepada penyelenggara agar kegiatan jalan santai di setiap RT, Kelurahan hingga Kecamatan untuk mengatur kegiatan dengan baik.

Baca Juga:Contoh Naskah Doa Upacara HUT RI ke-77 17 Agustus 2022

"Jad intinya warga kota Balikpapan boleh saja menggelar jalan santai, namun protokol kesehatan harus selalu diterapkan jangan samapi abai," pungkasnya. 

News

Terkini

Suhu di Kaltim berada di angka 22 sampai 31 derajat.

News | 06:06 WIB

Karena kejadian itu Asmar mengalami luka ringan pada bagian kepala dan jari tangan.

News | 20:58 WIB

Tidak tanggung, selain Sj polisi turut mengamankan tersangka lain Ha (44), HY (28), J (22), dan AF (23).

News | 20:42 WIB

Admin dari akun itu juga memberikan keterangan lain di tulisannya.

News | 20:25 WIB

Akibatceceran solarbercampur air bekas hujan, jalan menjadi licin.

News | 19:11 WIB

Guru ASN menuntut mendapatkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) 2023 dan seterusnya sebagaimana ASN di lingkungan Pemkot Samarinda.

News | 18:44 WIB

Katanya, hukuman dari Komdis PSSI soal tragedi itu sudah cukup membuat klubnya introspeksi.

News | 18:18 WIB

Akses jalan menuju Pelabuhan Benuo Taka perlu ditingkatkan.

News | 17:00 WIB

Polisi mengaku, saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolsek Muara Badak.

News | 15:09 WIB

Persis di bawahnya, Ganjar berpose dengan mengacungkan jempol ke atas. Mengenakan baju olahraga, serta topi, raut wajah Ganjar sedikit tersenyum.

News | 13:54 WIB

Persiba Balikpapan sebenarnya memulai petualangan di Liga Indonesia sejak 1950-an atau era perserikatan.

News | 12:39 WIB

Sebaran titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait.

News | 12:04 WIB

Sesekali, menggunakan bajunya ia mengelap wajahnya. Ia terlihat seperti merasakan perih akibat gas air mata.

News | 11:43 WIB

Ia mengatakan, informasi itu awalnya diperoleh dari masyarakat.

News | 11:17 WIB
Tampilkan lebih banyak