Denada S Putri
Hujan lebat menyebabkan banjir di Desa Karang Jinawi, Kabupaten Penajam Pasr Utara (PPU), pada 12 Januari 2022. [ANTARA]

SuaraKaltim.id - Stasiun Meteorologi (Stamet) Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, memberikan himbauan kepada masyarakat dan semua pihak terkait, untuk mewaspadai dampak hujan lebat hingga hujan petir yang berpotensi terjadi pada hari ini, Senin (17/1/2022).

Hal itu disampaikan Kepala Stamet Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan Erika Mardiyanti. Melansir dari ANTARA, dia mengatakan di sejumlah wilayah di Kaltim, berpotensi tejadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

"Angin kencang tersebut berdurasi singkat, hingga semua pihak diharap bisa waspada," katanya.

Kewaspadaan terhadap cuaca tersebut sangat diharapkan karena hujan lebat, hujan petir, hingga angin kencang bisa berakibat pada terjadinya banjir, tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin, sungai meluap, dan dampak lainnya.

Baca Juga: Tan Paulin, Ratu Batu Bara di Kaltim, Pernah Dilaporkan Tapi Tak Ditangkap, Sempat Mengaku Tak Punya Tambang

Kawasan di Kaltim yang berpotensi terjadi hujan lebat, hujan petir, hingga angin kencang itu di Kabupaten Berau yang meliputi Kecamatan Tanjung Redeb dan Pulau Derawan. Kemudian, di Kecamatan Long Bagun dan Laham pada Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang pada hari ini juga berpotensi terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang meliputi Kecamatan Tabang dan Muara Badak, kemudian Kecamatan Muara Ancalong di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Secara rinci ia menyebutkan, hari ini pada pukul 20.00 Wita, akan terjadi hujan petir di Kecamatan Tabang. Dengan suhu berkisar 22-28 derajat celsius dengan kecepatan angin 10 km per jam.

Di Kecamatan Pulau Derawan, pada Ahad pukul 08.00 Wita, diprakirakan hujan lebat di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, pada Senin dini hari pukul 02.00, diprakirakan hujan petir dengan kecepatan angin sekitar 30 km per jam.

"Untuk Kabupaten Paser, pada Ahad pukul 17.00, diprakirakan terjadi hujan petir di empat kecamatan, yakni Tanah Grogot, Batu Engau, Kuaro, dan Paser Belengkong dengan kecepatan angin sekitar 10 km per jam," tandasnya.

Baca Juga: APT Pranoto Unjuk Gigi, 6 Rute Penerbangan Perintis Subsidi di Kaltim untuk 2022 Resmi Dibuka

Komentar