alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wali Kota Balikpapan Pastikan Tujuh Kru Kapal Perang Positif Covid-19

Chandra Iswinarno Jum'at, 22 Januari 2021 | 15:55 WIB

Wali Kota Balikpapan Pastikan Tujuh Kru Kapal Perang Positif Covid-19
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. [Inibalikpapan]

Dari data yang ada, ternyata ada tujuh kru kapal perang TNI AL yang bersandar di Kota Balikpapan termasuk dalam daftar positif Covid-19.

SuaraKaltim.id - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi mengemukakan ada 170 kasus positif Virus Corona pada Jumat (22/1/2021). Dari data tersebut, ternyata ada tujuh kru kapal perang TNI AL yang bersandar di Kota Minyak tersebut masuk dalam daftar positif Covid-19.

Namun Wali Kota Balikpapan ini enggan menyebutkan secara rinci nama kapal perang tersebut. Meski begitu ada dugaan, kemungkinan kru yang tertular berasal dari KRI Teluk Ende yang sejak Kamis (22/1/2021) kemarin sandar di Pelabuhan Semayang Balikpapan

Seperti diketahui, KRI Teluk Ende bertugas mengantarkan bantuan dari perusahaan maupun instasi serta pemerintah daerah di Kaltim untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). Dan rencananya hari ini KRI Teluk Ende menuju Mamuju

“Ada 7 kru KRI, kalau KRI ini kapal perang. Ini pasti posisinya lagi di Balikpapan karena tercatat di sini,” ujarnya seperti dilansir Inibalikpapan.com-jaringan Suara.com pada Jumat (22/01).

Baca Juga: Naik Lagi, Kasus Harian Covid-19 di Balikpapan Tambah 170 Kasus

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, tujuh kru tersebut akhirnya diisolasi, karena pada awalany mengaku sakit. Kemudian dilakukan tracing dan hasilnya, ditemukan tujuh kru yang positif terpapar Covid-19. Sehingga kemudian wajib isolasi.

“Jadi sebenarnya untuk pemeriksaan kru KRI ini sudah yang kedua kali, jadi kelanjutan. Diawali ada yang sakit kemudian ditracing seluruh krunya. Kalau (kru) kapal biasanya yang sakit turun, yang lain karantina di kapal,” ujarnya

Selain itu, Rizal menambahkan, selain tujuh kru KRI, ada tambahan tujuh tenaga medis juga kembali terpapar Covid-19. Ini menjadi catatan panjang tenaga medis yang terpapar covid-19. Karena saat ini ada puluhan tenaga medis yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Kemudian juga karyawan perusahaan migas maupun karyawan PT Angkasa Pura I Balikpapan dan perusahaan lain.

“Tenaga kesehatan ada tujuh dokter, perawat, apoteker, ada dari Pertamina, Angkasa Pura 3 orang, perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga: Pendaftaran Pasien Puskesmas di Balikpapan Saat PPKM Hanya Sampai Jam 11.00

Secara kumulatif jumlah yang terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 8.534 kasus, sebanyak 480 pasien menjalani perawatan di rumah sakit, sebanyak 1.144 pasien menjalani isolasi mandiri, sebanyak 6.587 pasien sembuh dan 323 kasus kematian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait