alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ramadhan Tiba, Stok Pangan di Kaltim Aman Meski Sempat Dikabarkan Menipis

Sapri Maulana Selasa, 13 April 2021 | 08:55 WIB

Ramadhan Tiba, Stok Pangan di Kaltim Aman Meski Sempat Dikabarkan Menipis
Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. (Antara)

Selain itu untuk mengantisipasi harga melonjak, pemerintah daerah akan menggelar pasar murah disejumlah titik. TPID juga akan terus memantau stok dan harga bahan pokok.

SuaraKaltim.id - Sempat beredar kabar stok pangan di Kaltim menipis. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim memastikan stok kebutuhan pokok aman pada Ramadhan tahun ini.

 “Insyaallah stok sembako aman. Masyarakat jangan panik jika ada kabar stok kosong. Alhamdulillah tercukupi selama ramadan tahun ini,” ujar Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Senin (12/4/2021), dikutip Inibalikpapan.com, jaringan Suara.com, dari Humas Pemprov Kaltim.

Untuk itu, masyarakat diminta tidak panik. Apalagi sampai panic buying. Sehingga diminta tidak khawatari, termasuk tentang stok beras.

Kendati aman, hal lain yang terus dikawal ialah harga biasanya mengalami kenaikkan pada awal Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idulftri.

Baca Juga: Seperti Proklamasi, Groundbreaking IKN di Kaltim Dijadwalkan Ramadhan Ini

“Informasi harga selalu ada. Stok kita cukup hingga tiga bulan ke depan. Jadi, jangan khawatir. Yang jelas, pemerintah daerah tetap monitor kebutuhan pokok masyarakat setiap waktu,” ujarnya.

Selain itu untuk mengantisipasi harga melonjak, pemerintah daerah akan menggelar pasar murah disejumlah titik. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) juga akan terus memantau stok dan harga bahan pokok.

“Diharapkan semua pihak bisa bersama membangun sinergitas dalam menjaga stabilitas ketersedian pasokan dan keterjangkauan harga. Sehingga inflasi pun dapat dikendalikan,” ujar kStaf Ahli Gubernur Bidang SDA, Perekonomian Daerah dan Kesra im Noor Albarakati.

“Makanya, saat ini kita harus bisa memastikan ketersedian kebutuhan pokok masyarakat, mulai data yang masuk dan keluar benar-benar valid. Sehingga bisa dirumuskan kebijakan yang kuat untuk regulasinya.”

Baca Juga: Larangan Mudik Lebaran, Polda Kaltim Gelar Operasi Keselamatan Mahakam 2021

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait