alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Buka Puasa Ramadhan Kota Balikpapan, Jumat 16 April 2021

Chandra Iswinarno Jum'at, 16 April 2021 | 15:45 WIB

Jadwal Buka Puasa Ramadhan Kota Balikpapan, Jumat 16 April 2021
Mudah dan Nikmat untuk Buka Puasa, Begini Cara Membuat Es Sarang Burung. (Instagram/@moeslims_kitchen)

Berikut jadwal Buka Puasa Kota Balikpapan pada Jumat, 16 April 2021

SuaraKaltim.id - Puasa Ramadhan pada Jumat (16/4/2021) sudah memasuki hari keempat. Selama Ramadhan setiap muslim diwajibkan berpuasa sejak mulai terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Tak hanya itu, setiap muslim juga harus bisa menahan hawa nafsu.

Dalam setiap aktivitas yang dilakukan pemeluk Islam dalam setiap Ramadhan kerap terkait dengan peningkatan kerohanian dalam berlomba-lomba mendapatkan pahala di bulan yang mulia ini. Tentunya ada jadwal yang perlu diperhatikan dalam berpuasa terkait waktu imsak dan juga berbuka puasa seperti dilansir dalam laman bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

Berikut jadwal Buka Puasa Kota Balikpapan pada Jumat, 16 April 2021:

  • Ashar: Pukul 15.32 WITA
  • Magrib/buka puasa: Pukul 18.18 WITA
  • Isya: Pukul 19:27 WITA

Saat berbuka puasa, disarankan untuk tidak menghangatkan makanan yang telah dikonsumsi saat sahur. Hal tersebut disampaikan Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Putri Sakti.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Pontianak Jumat 16 April 2021

Dia mengemukakan, ketimbang menghangatkan makanan, lebih baik menyiapkan bumbu dalam dua porsi untuk kemudian dimasak atau diolah dalam dua waktu yang berbeda.

"Memang yang terbaik tidak boleh dipanaskan (dihangatkan). Saya sarankan bikin bumbunya untuk dua porsi, saat buka dan sahur," kata dokter Putri seperti yang dikutip Suara.com dari Antara pada Kamis (15/4/2021).

Misalnya, dia menyontohkan saat membuat sop. Dia menyarakan agar memisahkan bumbu dasar dan membuat kaldu dalam satu panci besar.

"Nanti saat sahur tinggal masukkan sayurannya saja dengan harapan kandungan dalam sayuran tidak rusak," kata dia dalam webinar Dokter Menjawab bertema dalam "Diet dan Olahraga di Bulan Puasa", beberapa waktu lalu.

Untuk menu sahur, dokter Putri merekomendasikan hidangan berkuah semisal sop dengan sayuran yang bervariasi atau ditambah bahan lain seperti ayam, daging atau kacang merah. Jadi, dalam satu hidangan ini juga mencakup sumber vitamin, protein hewani dan nabati.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadhan Kota Samarinda, Jumat 16 April 2021

"Saya pilih kuah-kuahan karena kita membutuhkan menambah cairan untuk seharian, di samping juga tidak ribet membuatnya. Lalu, dengan variasi sayur. Masukin juga ayam potong atau besoknya dengan daging, kacang merah. Jadi dalam satu kali masak sudah ada protein hewani, nabati dan sayur," tutur dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait