alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mendes PDTT ke Kukar, Bumdes Sungai Payang Masuk Kategori Terbaik Nasional

Sapri Maulana Sabtu, 01 Mei 2021 | 18:18 WIB

Mendes PDTT ke Kukar, Bumdes Sungai Payang Masuk Kategori Terbaik Nasional
Bupati Kukar Edi Damansyah saat memberikan Cinderamata kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Republik Indonesia Halim Iskandar saat kunjungan ke Desa Sungai Payang. [Mediaetam.com/Akbar]

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, kata bupati, memberi apresiasi kepada Desa Sungai Payang yang berkembang pesat.

SuaraKaltim.id - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah memaparkan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Payang Sejahtera masuk kategori terbaik nasional. Hal itu dipaparkan usai kunjungan  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar berkunjung secara langsung ke dua desa di Kukar. Yakni Desa Sungai Payang dan Loa Sumber pada Sabtu, (1/5/2021).

“Bumdes Payang Sejahtera ini kan sudah masuk kategori terbaik dua secara nasional. Tadi sudah dilihat beliau sampai kepada pengembangan usaha,” ucapnya, dilansir dari Mediaetam.com, media jaringan Suara.com.

Bahkan selain itu Menteri Desa, PDTT juga melihat pabrik kompos yang dibangun melaui program sinergitas dari pemerintah kabupaten, perusahaan dan desa.

“Beliau juga menyampaikan akan membantu mesin caca dan bahan bakunya,” ucapnya.

Baca Juga: Jalan Poros Samarinda-Bontang Segera Diperbaiki

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, kata bupati, memberi apresiasi kepada Desa Sungai Payang yang berkembang pesat. Mendes PDTT juga berkunjung ke Desa Loa Sumber melihat pengelolaan bumdes di bidang pertanian.

“Jadi memang beliau fokus pada Bumdes dan pengentasan kemiskinan. Itu pun jadi prioritas kami di Kukar,” ucap Edi.

Agar desa terus berkembang, Kukar diminta untuk merefleksikan beberapa desa yang berhasil dalam mengelola dan memajukan wilayahnya, untuk dicontoh desa lain.

“Dan khususnya jika Bumdes dikelola dengan baik di sisi lain ada tambahan pendapatan asli desa,” kata Edi.

Sementara itu senada dengan Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid juga turut mengapresiasi pembangunan Desa Sungai Payang. Menurut Politisi Golkar ini, Desa Sungai Payang dulu merupakan wilayah tertinggal dan sekarang menjadi maju.

Baca Juga: Pendataan BPUM 2021 Tahap I di Kukar, Berikut Jadwal dan Syaratnya

Dengan manajemen yang dilakukan Kepala Desa dan Bumdes yang ada di Sungai Payang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan bermitra bersama perusahaan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait