alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Suka Minuman Manis? Ternyanya Bisa Sebabkan Kanker Usus Dini

Sapri Maulana Sabtu, 15 Mei 2021 | 10:50 WIB

Suka Minuman Manis? Ternyanya Bisa Sebabkan Kanker Usus Dini
Ilustrasi minuman manis. Minuman bubble tea. (Pixabay/HIROAKI KANEDA)

Peneliti menganalisis pola makan dan catatan medis lebih dari 95 ribu wanita yang dilacak sejak tahun 1991 hingga 2015 sebagai bagian dari studi US Nurses Health II.

SuaraKaltim.id - Rasa minuman manis disukai banyak orang. Apakah Anda salah satunya? Bahkan, ada yang menilai rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati minuman manis setelah makan. Anda tidak sebaiknya terlalu banyak mengonsumsi minuman manis.

Mengacu pada studi baru oleh Universitas Washington, St Louis, mengonsumsi minuman manis secara berlebihan disebut bisa meningkatkan risiko terkena kanker usus sebelum usia 50 tahun.

Peneliti menganalisis pola makan dan catatan medis lebih dari 95 ribu wanita yang dilacak sejak tahun 1991 hingga 2015 sebagai bagian dari studi US Nurses Health II.

Mereka juga mencari bukti yang menghubungkan minuman manis dengan diagnosis dini kanker usus.

Baca Juga: Waspadai Risiko Kanker Usus Dini, Jangan Kebanyakan Minuman Manis

Para ilmuwan melaporkan wanita yang mengonsumsi minuman manis lebih dari setengah liter dua kali sehari lebih mungkin didiagnosis kanker usus pada awal penelitian ketimbang mereka yang minum kurang dari setengah liter seminggu.

Minuman manis berdampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

"Temuan kami memperkuat pentingnya imbauan kesehatan masyarakat dalam membatasi asupan minuman yang dimaniskan dengan gula," tulis peneliti di jurnal Gut, sebagaimana dilansir dari The Guardian.

Walau demikian, ilmuwan yang tak terlibat dalam penelitian itu menyebut bahwa hasil studi ini tentatif karena cuma 109 wanita yang terdaftar daan terdiagnosis dengan kanker usus dini.

Hampir sama dengan hasil studi ini, sebuah penelitian pada 2019 dari Prancis menemukan bukti bahwa minuman manis bisa meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

Baca Juga: Akhirnya, Pakar Kesehatan Beri 4 Tips Berpelukan Aman di Masa Pandemi

Berdasarkan studi tersebut, risiko terkena kanker usus sebelum usia 50 tahun meningkat 32 persen untuk konsumsi minuman manis harian berukuran 250 ml.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait