facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasien Covid-19 Terus Membludak, Tenaga Kesehatan di RSKD Mulai Kelelahan

Chandra Iswinarno Sabtu, 03 Juli 2021 | 10:47 WIB

Pasien Covid-19 Terus Membludak, Tenaga Kesehatan di RSKD Mulai Kelelahan
Rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19. [istimewa]

Jumlah Tenaga Kesehatan di RSKD yang terbatas mulai kelelahan menangani makin membludaknya Pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut.

SuaraKaltim.id - Melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Balikpapan berdampak pada membludaknya pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Bahkan, ruang isolasi dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit tersebut sudah tidak mampu lagi menampung pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan.

Walau ada upaya untuk mendirikan tenda perawatan bagi pasien Covid-19 di RSUD tersebut, namun pihak rumah sakit mengaku banyak kendala yang akan muncul jika dipaksakan, salah satunya jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang memadai.

“Kalau membuka tenda, pertama SDM-nya jelas kita tidak punya, kedua tidak standar untuk perawatan infeksius, jadi sebaiknya ke rumah sakit lain,” ujar Direktur RSUD Kanudjodo Djatiwibowo Balikpapan Edy Iskandar seperti dilansir Inibalikpapan.com-jaringan Suara.com

Kondisi pelayanan semakin berat, lantaran 25 nakes masih menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19. Diakuinya, saat ini semua sumber daya nakes di RSUD terpaksa dikerahkan seluruhnya.

Baca Juga: Beberapa Hari Terakhir, Pesanan Peti Mati Meningkat dari RS Rujukan Covid-19 di Balikpapan

“Kalau yang sekarang menangani pasien covid ini ada sebanyak 700 orang. Semuanya kita kerahkan.,” ujarnya.

Lantaran itu pula, katanya, nakes juga mengalami kelelahan karena terus menerus menangani pasien Covid-19 yang datang dan terus bertambah setiap harinya.

“Nah yang jadi masalah adalah tingkat kelelahan (nakes) karena terus bekerja,” katanya.

Saat ini pihak RSUD sendiri mencoba mengantisipasi keterbatasan nakes dengan membuka rekrutmen sejumlah 50 perawat yang nantinya akan dikontrak hingga akhir tahun.

Sebelumnya, lonjakan Pasien Covid-19 kembali terjadi di Balikpapan. Akibatnya, pasien terus berdatangan hingga membuat tim medis kewalahan karena ruangan isolasi sudah penuh. Kondisi tersebut terjadi di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan.

Baca Juga: Penuh, IGD RSKD Tutup Sementara dan Minta RS Lain Siapkan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Saat disambangi SuaraKaltim.id padaJumat (12/7/2021) pagi, Ruang IGD rumah sakit milik Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) ini masih terlihat adanya antrean pasien antara 15 sampai 10 orang yang hendak masuk ke ruang isolasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait