alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menlu Retno Pastikan Evakuasi WNI yang Ada di Afghanistan Berjalan Lancar

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 20 Agustus 2021 | 17:20 WIB

Menlu Retno Pastikan Evakuasi WNI yang Ada di Afghanistan Berjalan Lancar
Menlu Retno saat ditemui wartawan di Istana Bogor. (Suara.com/Ummi HS).

Menlu Retno menyebut WNI yang ada di Afghanistan saat ini sudah perjalanan ke Indonesia menggunakan pesawat TNI AU

SuaraKaltim.id - Kelompok taliban berhasil menguasai Afghanistan. Hal itu membuat penduduk di negara itu langsung melarikan diri, termasuk para warga negara Asing, termasuk Indonesia. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi dari Kabul, Afghanistan.

Menyadur dari BBC Indonesia, Menlu Marsudi menyebut WNI akan tiba di Indonesia dalam penerbangan dari Afghanistan melalui Pakistan.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia." ungkap Menlu Retno Marsudi dalam akunnya di Twitter Jumat siang (20/08).

Baca Juga: Eks Bintang Porno Mia Khalifa Bongkar CIA Biayai Taliban Kuasai Afghanistan

Menlu melanjutkan bahwa tim evakuasi membawa 26 WNI, termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI).

Sebelumnya seorang WNI yang berada di Kabul bercerita tentang apa yang ia saksikan saat Taliban menguasai ibu kota Afghanistan, kondisi yang ia sebut "terjadi kepanikan dan ketakutan".

Terkait pemerintahan Afghanistan setelah dikuasai Taliban, Kementerian Luar Negeri RI menyatakan 'prosesnya masih sangat cair' dan masih akan menunggu perkembangan selanjutnya.

Peneliti Politik Timur Tengah dari LIPI, Nostalgiawan Wahyudhi menilai langkah itu sudah tepat dengan tak gegabah mengakui maupun sebaliknya, menolak pemerintahan baru bentukan Taliban.

Kesaksian seorang WNI yang tak ingin namanya disebut demi alasan keamanan menggambarkan suasana di Ibukota Afghanistan, Kabul pada Minggu (15/08) sebagai sebuah situasi 'belingsatan'. Manusia berhamburan di jalanan, pengendara mobil sudah tak lagi mengikuti aturan.

Baca Juga: Cegah Diburu Taliban, Facebook dan Twitter Amankan Akun Warga Afganistan

Ia ingat betul, maklumat siaga 1 yang dikeluarkan pihak keamanan terbit sebelum jam makan siang, sekitar pukul 10 pagi. Dalam beberapa menit, Kota Kabul penuh kendaraan hingga tak bisa bergerak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait