alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bahaya, Lebih dari 100 Persen, Lapas Klas IIA Balikpapan Over Kapasitas

Denada S Putri Minggu, 10 Oktober 2021 | 15:27 WIB

Bahaya, Lebih dari 100 Persen, Lapas Klas IIA Balikpapan Over Kapasitas
Situasi razia penghuni Lapas Klas IIA Balikpapan. [Inibalikpapan.com]

Kapasitas Lapas Klas IIA Balikpapan seharusnya hanya 501 tahanan saja, namun....

SuaraKaltim.id - Kapasitas Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas IIA Balikpapan berlebihan. Kondisi itu tentu mengkhawatirkan mengingat beberapa waktu lalu tragedi kebakaran Lapas Tangerang yang juga over kapasitas menjadi perhatian publik.

Kepala Lapas Klas IIA Balikpapan Pujiono mengatakan, kapasitas lapas lebih dari 100 persen. Dimana jumlah warga binaan saat ini sebanyak 1.377 orang.

“Kapasitas Lapas Balikpapan itu 501, namun dihuni sekitar 1.377 warga binaan,” ujarnya, dikutip dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, dari jumlah itu terbanyak warga dengan KTP Balikpapan mencapai 70 persen. Atau sebanyak 1.000 lebih warga Kota Minyak yang menjadi penghuni Lapas tersebut.

Baca Juga: Over Kapasitas, Gibran Siapkan Lokasi Baru untuk Rutan Klas I Surakarta?

Ia membeberkan, secara spesifik kebanyakan dari masyarakat Balikpapan Barat yang berada di Lapas Jalan Jenderal Sudirman Nomor 03, Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan itu.

“Yang diakui Pak Rahmad Mas'ud (soal banyaknya warga yang ada di dalam Lapas) juga dari Balikpapan Barat,” ucapnya.

Sementara Rahmad Mas’ud mengapresiasi, banyak warga binaan yang justru yang kini telah bisa mengaji. Karena selama menjalani masa tahanan, warga binaan juga dianjurkan untuk belajar mengaji.

“Luar biasa tadinya tidak bisa mengaji, sekarang banyak yang bisa mengaji,” pujinya.

Dia pun berharap, setelah keluar dari lapas para warga binaan akan menjalani kehidupan lebih baik lagi. “Menjadi manusia yang lebih baik lagi, tentu itu harapannya semua,” harapnya.

Baca Juga: Blak-blakan! Cerita Eks Napol Orba Rebutan Tidur di Lapas hingga Jatah Nasi Cadongan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait