alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

OPD yang Membidangi UMKM di Samarinda Diminta Lebih Kreatif dan Inovatif

Denada S Putri Rabu, 24 November 2021 | 13:36 WIB

OPD yang Membidangi UMKM di Samarinda Diminta Lebih Kreatif dan Inovatif
Ilustrasi UMKM di Citra Niaga Samarinda. [kaltimtoday.co]

"Pemerintah melalui OPD terkait harus mendorong dan melakukan terobosan."

SuaraKaltim.id - Organisasi perangkat daerah 9OPD) yang membidangi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta untuk lebih kreatif serta inovatif dalam memberikan dorongan. Khususnya soal program-program yang dapat menunjang kemajuan UMKM Kota Tepian.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi. Ia mengimbau agar OPD terkait bisa memberikan hal tersebut kepada UMKM.

"Pemerintah melalui OPD terkait harus mendorong dan melakukan terobosan, karena UMKM erat kaitannya dengan  kesejahteraan, menyentuh langsung kepada masyarakat pelaku UMKM," katanya disadur dari ANTARA, Rabu (24/11/2021).

Dirinya menejelaskan pengalamannya dari buku yang pernah ia baca. Di buku itu berisi, apabila suatu negara pelaku UMKMnya aktif dua persen saja dari jumlah penduduk, otomatis tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Baca Juga: Program BRI Bantu UMKM Suryaningsih Bangkit Lalui Wabah dan Dikenal Hingga Luar Negeri

"Rumusnya begitu, tidak banyak, hanya dua persen saja, maka akan terlihat terjadi peningkatan. Namun yang aktif bukan hanya pelaku UMKM, tetapi dukungan dari pemerintah juga harus ada," tegasnya.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan negara China yang pelaku UMKM lebih inovatif serta kreatif, maka kemajuannya luar biasa apabila dibanding Indonesia masih tertinggal jauh.

Ia juga berharap kepada Dinas Pendidikan (Disdik) untuk berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya memiliki keahlian dibidangnya masing-masing. Tentunya lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan diri.

Namun ia  juga menyadari, benar akan keterbatasan anggaran Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, tetapi ada anggaran yang bisa dialokasikan untuk para pelaku UMKM.

Diakuinya pembangunan infrastruktur  angkanya cukup  besar, tetapi pembangunan di bidang lain juga penting, seperti pendidikan dan UMKM.

Baca Juga: Kisah Suryaningsih Bangun UMKM Hingga Dikenal Dunia Berkat Sokongan BRI

“Kami berharap OPD terkait untuk melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM di Kota Samarinda,” ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait