facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perbaikan Bendali Telaga Sari Selesai Akhir Tahun Ini, Makan Biaya Senilai Rp 1,5 Miliar

Denada S Putri Selasa, 07 Desember 2021 | 13:50 WIB

Perbaikan Bendali Telaga Sari Selesai Akhir Tahun Ini, Makan Biaya Senilai Rp 1,5 Miliar
Tampak air di Bendali Telaga Sari menyusut. [Inibalikpapan.com]

Ada dua kegiatan yang dilakukan untuk penanganan Bendali Telaga Sari."

SuaraKaltim.id - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan menegaskan, perbaikan Bendungan Pengendali (Bendali) Telaga Sari akan selesai dilaksanakan di akhir tahun 2021 ini. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1,5 Miliar rupiah untuk perbaikan bendungan tersebut.

Kepala DPU Balikpapan Andi Yusri mengatakan, Bendali Telaga Sari yang sempat surut mendadak pada Mei lalu hingga saat ini masih dalam proses perbaikan. Perbaikan Bendali bisa rampung pada akhir tahun ini.

“Ada dua kegiatan yang dilakukan untuk penanganan Bendali Telaga Sari yakni revitalisasi dan penanganan bendali dengan sistem tanggap darurat,” ungkapnya melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Selasa (7/12/2021).

Katanya, untuk saat pertama revitalisasi, dilakukan pembuatan siring yang berada di belakang kantor Dinas Perdagangan Kota. Kedua, penanganan Bendali dengan sistem tanggap darurat.

Baca Juga: Manajemen Persiba Balikpapan Buru Pemain Baru, Semua Berdasarkan Rekomendasi Pelatih

“Nantinya akan ada jalan antara dinding bendali dan dinding buatan akan rigid,” paparnya.

Ia menambahkan, semua kegiatan sudah berjalan dan diharapkan bisa rampung pada akhir Desember 2021 ini. Diakuinya, perbaikan Bendali Telaga Sari sempat agak lama karena menunggu material yang masuk, berupa tanah liat yang harus melewati uji di laboratorium.

“Jadi itu memang perlu beberapa kali pengujian untuk memenuhi persyaratan teknis. Terakhir harus menunggu uji daya tahan terhadap rembesan air,” bebernya.

Ada beberapa sampel yang melewati uji coba, ia membocorkan, yang memenuhi kriteria dan lolos uji akan digunakan sebagai material blanket. Apabila semua komponen terpenuhi bisa segera dikerjakan.

“Petugas sudah memetakan di lapangan karena sudah ada sumber air di atas harus dikendalikan, diarahkan, lalu dibuang,” tegasnya.

Baca Juga: Air Pasang Diperkirakan Terjadi di Kawasan Pesisir Balikpapan Hingga 7 Desember Besok

Pasalnya, Kawasan yang mengalami perbaikan harus kering. Dimana awalnya lahan dikupas dulu sesuai rekomendasi perencanaan. Kemudian lahan dipadatkan, setelah itu digelar biotek. Lapis per lapis nanti blanked dipadatkan, setelah itu selesai.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait