facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Takrif Terbaru, 2 dari 20 ABK Asal Vietnam Positif Covid-19 Dilarikan ke Rumah Sakit AWS

Denada S Putri Jum'at, 10 Desember 2021 | 17:54 WIB

Takrif Terbaru, 2 dari 20 ABK Asal Vietnam Positif Covid-19 Dilarikan ke Rumah Sakit AWS
KKP Kelas IIA Samarinda bersama instansi terkait saat menggelar jumpa pers. [Presisi.co]

"Itupun hanya satu (awak) yang mendapatkan dosis satu dan dua."

SuaraKaltim.id - Beberapa waktu lalu beredar kabar terkait 20 anak buah kapal (ABK) dari MV Viet Thuan Ocean (VTO) yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IIA Samarinda, Solihin.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan tes PCR terhadap 22 ABK asal Vietnam tersebut. Lalu hasilnya, 20 ABK dinyatakan positif virus tersebut.

"Saat ini, kapal kargo yang berlayar dari Ho Chi Minh tersebut berada di Muara Berau, Kutai Kartanegara (Kukar). Tujuan kedatangan adalah bongkar muat batu bara," ucapnya saat menggelar jumpa pers di Kantor KKP Kelas II Samarinda, melansir dari Presisi.co--Jaringan Suara.com, Jumat (10/12/2021).

Ia melanjutkan, sebanyak dua orang harus dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami gejala sesak nafas. Pertama, ialah laki-laki berusia 44 tahun. Saturasi oksigen hingga 89 persen dan di 8 Desember dibawa ke ruang isolasi RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda.

Baca Juga: Klasemen Grup B Piala AFF: Malaysia Mantap di Puncak, Indonesia di Atas Vietnam

"Kemudian laki-laki usia 32 tahun, saturasi oksigen mencapai 88 persen. Dibawa ke ruang isolasi RSUD AWS pada 9 Desember 2021," tambahnya.

Ia memastikan, ABK yang positif virus corona tidak akan turun dari kapal. Terkait hasil tracing, pihaknya juga tidak menemukan kasus tambahan. Hanya saja, dari 22 awak kapal, baru dua orang yang menerima suntikan vaksin covid-19.

"Itupun hanya satu (awak) yang mendapatkan dosis satu dan dua," sebutnya.

Ia menuturkan, sampel swab para penderita covid-19 tersebut bakal dikirim kepada instansi pemerintah terkait di Jakarta. Untuk berikutnya dapat diketahui varian virus corona yang menjangkit awak kapal berbendera Vietnam itu.

"Dikirim ke Jakarta, karena di sini (Samarinda) tidak bisa," pungkasnya.

Baca Juga: Viral, 3 Pemuda di Kukar Terjun Bebas Dari Jembatan Mahakam, Warganet: Lemas, Menangis

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait