facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Capaian Vaksin Covid-19 di Balikpapan, Dosis 1 Sentuh 99,6 Persen, Dosis 2 Sudah 80 Persen

Denada S Putri Rabu, 22 Desember 2021 | 18:44 WIB

Capaian Vaksin Covid-19 di Balikpapan, Dosis 1 Sentuh 99,6 Persen, Dosis 2 Sudah 80 Persen
Vaksinasi di Lapangan Merdeka, Balikpapan. [Inibalikpapan.com]

Tapi estimasi kami Balikpapan akan lebih dari 100 persen (capaian vaksinasinya)."

SuaraKaltim.id - Capaian Vaksinasi dosis satu Covid-19 di Kota Balikpapan hingga Rabu (22/12/2021) sudah mencapai 99,6 persen. Sedangkan dosis dua sekitar 80 persen. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Andi Sri Juliarty.

“Capaian sudah 99,6 persen Balikpapan alhamdulilah untuk dosis satu. Dosis duanya di 80-an persen,” ujarnya dikutip dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com di hari yang sama.

Dia mengatakan, untuk menuntaskan vaksinasi dosis satu, pihaknya bekerjasama dengan TNI, Polri maupun Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mencari warga yang belum divaksin.

“Kita lakukan terus bekerjasama dengan TNI, Polri dan BIN membantu mencarikan masyarakat yang belum divaksin,” jelasnya.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun, Ini yang Perlu Orangtua Persiapkan dan Ketahui

Dia memperkirakan kemungkinan vaksinasi di Kota Balikpapan akan melebihi angka 100 persen. Mengingat, banyak pendatang maupun pekerja yang bekerja di lokasi seperti migas dan tambang di Kota Minyak.

“Tapi estimasi kami Balikpapan akan lebih dari 100 persen (capaian vaksinasinya), karena disini banyak penduduk pendatang yang vaksinasi disini pakai surat domisili juga vaksin di Balikpapan. Jadi sama seperti Surabaya, Bali, DKI itu kan memang lebih dari 100 persen,” tuturnya.

Dia melanjutkan, kemungkinan untuk penyuntikan dosis dua bagi para pekerja yang bekerja di sektor tersebut, bisa dilanjutkan di daerah asalnya.

“Kemudian bisa juga karena ada bandara, pelabuhan, orang dosis satu kemudian pergi, dosis duanya mungkin enggak disini tapi ke tempat tujuan,” sambungnya.

Sementara itu, untuk vaksinasi dosis dua di Balikpapan, sebagian menggunakan Astrazaneca yang masa tenggangnya hingga tiga bulan. Namun kini, telah dipersingkat paling lama sekitar dua bulan.  

Baca Juga: Takut Jarum Suntik tapi Mau Ikut Liburan, Bocah Ini Akhirnya Mau Disuntik Vaksin COVID-19

“Dosis kedua ada yang mereka belum jatuh tempo karena kan pakai AstraZaneca, lama tiga bulan. Nah ini perlu kami infokan dari Kemenkes itu sudah lebih singkat tidak lagi 3 bulan tetapi 8 minggu atau dua bulan,” tandasnya mengakhiri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait