alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lansia dan Veteran Dapat Bantuan dari Pemprov Kaltim, Banyak yang Masih Energik dan Kreatif

Denada S Putri Jum'at, 14 Januari 2022 | 21:04 WIB

Lansia dan Veteran Dapat Bantuan dari Pemprov Kaltim, Banyak yang Masih Energik dan Kreatif
Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani saat menyerahkan bantuan sembako. [ANTARA]

"Banyak lansia kita yang masih potensial bahkan produktif."

SuaraKaltim.id - Pemprov Kaltim salurkan bantuan paket sembako kepada para lansia (lanjut usia) di panti sosial dan warga veteran dalam rangka peringatan HUT ke-65 daerah itu. Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani saat penyerahan bantuan sembako kepada lansia mengatakan, lansia dan para veteran bukanlah orang-orang yang harus disisihkan. Karena baginya mereka adalah orang yang harus selalu dihormati dan dihargai.

Menurutnya, ketika berkunjung dan memberikan bantuan, tidak sedikit dari para lansia itu yang masih energik, kreatif dan aktif bekerja serta berkarya.

"Banyak lansia kita yang masih potensial bahkan produktif. Bahkan, gagasan dan pemikiran mereka masih perlu kita ikuti," katanya, di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri, Jalan Mayjend Sutoyo, Sungai Pinang Dalam Samarinda, melansir dari ANTARA, Jumat (14/1/2022).

Ia mengakui lansia ada yang masih mampu berinovasi. Sehingga bisa dikembangkan bagi generasi-generasi mendatang. Baginya, keberadaan panti sosial milik pemerintah maupun masyarakat hendaknya mampu memberdayakan para lansia binaannya agar tidak semata meratapi usia tua.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Suap dan Gratifikasi AGM, Sekdaprov Kaltim Beri Teguran Keras ke Semua Kepala Daerah

"Kita bisa terus bina mereka agar produktif dan tetap semangat, serta kreatif meski hidup di panti-panti sosial," harapnya.

Kepala Dinas Sosial (Dissos) Kaltim Agus Hari Kesuma menyebutkan, para lansia warga binaan di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri sebanyak 103 orang. Terdiri dari perempuan 52 orang dan laki-laki 51 orang.

Sementara bantuan 100 paket sembako akan diberikan kepada legiun veteran 10 orang, masyarakat binaan yayasan lembaga lanjut usia 60 orang, pensiunan Dinas Sosial 15 orang dan lansia di UPTD Tresna Werdha Nirwana Puri 15 orang.

"Kegiatan ini merupakan perwujudan rehabilitasi sosial lanjut usia sebagai sasaran strategis Dissos selaku penerima manfaat dan layanan dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial atau PPKS," ujarnya.

Bantuan sembako secara simbolis kepada Ketua UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri, Ketua Legiun Veteran Provinsi Kaltim, Ketua Kerukunan Purnakaryawan Sosial (KAPESOS) Dinas Sosial Provinsi Kaltim, Ketua LKS Lanjut Usia Yayasan Harapan Borneo Samarinda dan Ketua LKS LU Nur Miftahul Jannah Samarinda.

Baca Juga: Suap dan Gratifikasi AGM Disinyalir Berhubungan Erat dengan IKN Baru di PPU, 'Jalan Mulus' Pengusaha untuk Dapat Izin

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait