facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Seperti Sebuah Kewajiban, Wakil Wali Kota Samarinda Ajak Masyarakat Pamerkan Budaya

Denada S Putri Kamis, 20 Januari 2022 | 19:54 WIB

Seperti Sebuah Kewajiban, Wakil Wali Kota Samarinda Ajak Masyarakat Pamerkan Budaya
Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso. [ANTARA]

"Merasa bangga kalau semua sekolah melakukan kegiatan dengan mengedepankan kebudayaan."

SuaraKaltim.id - Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) untuk memamerkan budaya milik mereka sendiri. Hal itu ia sampaikan dalam pembukaan acara Festival Budaya dengan tajuk 'Berkerangah Budaya Etam'. Di mana artinya, memamerkan budaya kita, Kamis (20/1/2022)

"Kewajiban kita semua memamerkan budaya etam seperti membatik, makanan khas serta tarian daerah ternyata itu sudah dilakukan SD 007 Sungai Pinang," katanya melansir dari ANTARA, di hari yang sama.

Diketahui, SD 007 Sungai Pinang merupakan sekolah pusat penggerak dan perintis budaya. Ia pun bercerita bahwa sebelum berangkat ke festival tersebut ia bertanya kepada istrinya yang merupakan orang Kutai.

Pertanyaan itu mengenai makna dari berkerangah sebagai tema festival tersebut. Namun ia menegaskan, Berkerangah Budaya Etam yang dimaksud berkonotasi positif.

Baca Juga: Batas Sampai 28 Januari, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Samarinda Sampai 79.845 Murid

"Temanya khas bahasa daerah, berkerangah bahasa Kutai yang jarang digunakan. Bertanya saya dengan bini, berkerangah itu (ternyata) artinya memamerkan. Saya dan Pak Andi (Wali Kota Samarinda) akan merasa bangga kalau semua sekolah melakukan kegiatan dengan mengedepankan kebudayaan," ucapnya.

Menurutnya, bangsa ini tidak akan maju jika tidak dengan peradaban dan kebudayaan. Keinginan kerasnya untuk memajukan hal itu pun jelas akan ia tunjukkan, khususnya di Samarinda.

"Kalau bicara budaya, bicara soal hati. Ada keinginan keras kita ingin maju. Kalau nilai tidak berasal dari hati dan kecintaan sulit kita maju dan berkembang," jelasnya.

Ia mengapresiasi dan berharap kegiatan 'Berkerangah Budaya Etam'  bukan menjadi awal dan akhir, melainkan terus dilanjutkan secara produktif untuk tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga: Polresta Samarinda Amankan Sabu 2 Kilogram, Dikendalikan Tahanan di Lapas, Akui Barang Bakal Diedarkan di Berau

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait