Potensi Banjir, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Diperkirakan Terjadi di 7 Wilayah Kaltim

Semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

Denada S Putri
Senin, 30 Januari 2023 | 16:00 WIB
Potensi Banjir, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Diperkirakan Terjadi di 7 Wilayah Kaltim
Salah satu titik banjir di Samarinda, Jalan Lembuswana. [Dokumen ITS-TRC Kota Samarinda]

SuaraKaltim.id - Sebanyak 7 daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan ringan hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang berdurasi singkat. Prakiraan itu terjadi pada Senin (30/01/2023) dan Selasa (31/01/2023).

Semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya. Hal itu disampaikan Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi belum lama ini.

Ia mengatakan, dampak dari peristiwa ini antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor.

"Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat," jelasnya, disadur dari ANTARA, Senin (30/01/2023).

Baca Juga:Wali Kota Manado Minta Masyarakat di Bantaran Sungai Segera Pindah

Sedangkan 7 daerah tersebut adalah Kota Samarinda, Kabupaten Berau, Kutai Barat (Kubar), Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim), Penajam Paser Utara (PPU), dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Ia menjelaskan untuk di Samarinda, hujan ringan dan hujan sedang berpotensi di semua kecamatan pada Senin sekitar pukul 11.00, 14.00, 17.00, dan 23.00 Wita. Lalu, Selasa dini hari hujan petir di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, Sambutan, Selasa Subuh hujan ringan di semua kecamatan.

"Di Kabupaten Berau pada Senin sekitar pukul 14.00, hujan petir di Kecamatan Tabalar, Biatan, Talisayan, pukul 17.00 Wita di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita di Kecamatan Tanjung Redeb, Maratua, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur," bebernya.

Kabupaten Kubar pada Senin sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, hujan lebat hingga hujan petir sekitar pukul 23.00 Wita hampir terjadi di semua kecamatan, kecuali Kecamatan Bongan dan Penyinggahan yang hanya hujan ringan.

Pada Selasa dini hari, hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Damai, Bentian Besar, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Muara Lawa, Nyuatan, Penyinggahan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai, sementara kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang sampai pukul 05.00 Wita.

Baca Juga:Manado Diterjang Banjir Meski Sudah Ada Bendungan Kuwil Kawangkoan, Ini Kata Kementerian PUPR!

Ia melanjutkan, untuk di Kabupaten Kukar pada Senin sekitar pukul 11.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Muara Badak, Sebulu, Kota Bangun, Marang Kayu, dan Muara Kaman, pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita hujan lebat dan hujan petir di Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, dan Tenggarong Seberang.

"Pada Selasa dini hari, hujan lebat hingga petir di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Kembang Janggut, Kenohan, Marang Kayu, Muara Wis, kemudian pukul 05.00 Wita hujan petir di Kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu, sementara kecamatan lainnya hujan ringan," kata Yudha.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini