alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sering Gelisah Gara-Gara Pandemi? Tenangkan Diri dengan Lakukan 7 Hal Ini

Vania Rossa Jum'at, 11 Desember 2020 | 10:28 WIB

Sering Gelisah Gara-Gara Pandemi? Tenangkan Diri dengan Lakukan 7 Hal Ini
Ilustrasi gelisah, khawatir [Shutterstock]

Rasa gelisah dan khawatir yang berlebihan dapat membuat Anda stres dan memengaruhi kesehatan mental.

SuaraKaltim.id - Di tengah masa pandemi seperti ini, mengalami kegelisahan adalah hal yang wajar. Anda khawatir tertular virus, curiga pada kerumunan orang, serta takut pergi ke mana-mana. Pada akhirnya, rasa gelisah dan khawatir ini seperti tak bisa dihindari. Tapi, jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus-menerus. Segera atasi agar tak memengaruhi kesehatan mental Anda. Lalu, adakah cara untuk mengatasi gelisah yang bisa berujung pada stres ini?

Dikutip dari laman resmi Anxiety and Depression Association of Amerika, berikut 7 tips mengatasi gelisah dan stres yang bisa Anda coba lakukan.

1. Luangkan waktu untuk istirahat
Ketika seseorang memiliki permasalahan yang cukup berat, ia harus memiliki waktu untuk istirahat. Hal itu bukan berarti lari dari permasalahannya, tetapi ini berguna untuk menjernihkan pikiran.

Coba lakukan berbagai kegiatan untuk menjernihkan pikiran sejenak, seperti mendengarkan musik, melakukan yoga, mencari tempat yang tenang, dan lain-lain.

Baca Juga: Gelisah Tak Karuan, Pengantin Wanita Ini Ternyata Sengaja Pakai Mainan Seks

2. Makan yang teratur
Makan dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, makan juga sangat baik bagi kesehatan. Biasanya orang yang mengalami kegelisahan dan rasa khawatir lupa untuk makan. Untuk itu, jangan pernah lupakan makan agar kondisi fisik akan tetap fit.

3. Tidur yang cukup
Tidur merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Selain baik untuk fisik, tidur juga sangat bermanfaat bagi otak. Tidur dapat membantu otak untuk istirahat sejenak sehingga pikiran menjadi lebih ringan.

4. Tarik napas dalam-dalam
Saat seorang merasa gelisah dan khawatir, terkadang ia tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Hal ini akan menjadikannya bingung dan mudah panik. Untuk itu, cobalah tarik napas dalam-dalam dan buang secara perlahan.

Cara ini dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Lakukan kegiatan tersebut secara berulang hingga tubuh menjadi lebih tenang.

5. Hitung 1 sampai 10 secara perlahan
Selain menarik napas dalam-dalam, kita juga bisa menghitung 1 sampai 10 secara perlahan. Hal itu akan membuat otak kita bekerja sehingga tidak dipenuhi pikiran-pikiran yang membuat semakin tertekan.

Baca Juga: Lelaki Alami Mual dan Gelisah Setelah Pakai Hand Sanitizer, Umum Terjadi?

6. Banyak-banyak melihat humor
Humor sangat membantu untuk membuat perasaan menjadi senang. Hal ini sangat berguna bagi seseorang yang mengalami rasa gelisah dan khawatir. Melalui humor, pikiran akan menjadi lebih ringan dan rileks.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait