alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nyaris Tenggelam, Detik-detik Rumah Warga Hanyut Tersapu Banjir di Kalsel

Fitri Asta Pramesti Kamis, 14 Januari 2021 | 13:11 WIB

Nyaris Tenggelam, Detik-detik Rumah Warga Hanyut Tersapu Banjir di Kalsel
Video detik-detik rumah warga tergerus air banjir. (Instagram/wargabenua)

Rumah hanyut tersebut milik seorang warga di Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.

SuaraKaltim.id - Beredar di media sosial, video yang menunjukkan satu rumah warga hanyut setelah dihantam oleh banjir yang tengah terjadi di Kalimatan Selatan.

Hal ini diketahui dari akun @wargabanua yang membagikan rekaman detik-detik rumah tersebut hanyut tersapu arus air bah pada Kamis, (14/1/2021).

Berdasarkan informasi yang disematkan @wargabenua, rumah tersebut milik seorang warga di Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.

Dalam video tersebut, nampak sebuah rumah yang nyaris tenggelam, terbawa arus. Ketinggian banjir membuat bangunan tersebut hanya terlihat di bagian atapnya.

Baca Juga: Puluhan Santri Ponpes Terdampak Banjir Bandang Jember Dievakuasi

Sejumlah warga yang berada di tanah yang cukup tinggi, hanya bisa menyaksikan rumah tersebut tersapu air.

Video detik-detik rumah warga tergerus air banjir. (Instagram/wargabenua)
Video detik-detik rumah warga tergerus air banjir. (Instagram/wargabenua)

Selain Kabupaten Tanah Laut, banjir juga menggenang di sejumlah kawasan di Banjarbaru. Sebuah keramba warga sampai hanyut di sungai akibat hantaman air bah.

Akun @wargabenua juga membagikan video yang menunjukkan detik-detik keramba jala apung hanyut di sungai.

Rekaman video menunjukkan keramba jala apung yang terdiri dari sejumlah petak, hanyut di sungai yang meluap.

Video detik-detik keramba hanyut di sungai gegara banjir. (Instagram/wargabenua)
Video detik-detik keramba hanyut di sungai gegara banjir. (Instagram/wargabenua)

Keterangan dalam caption menyebutkan, insiden tempat budidaya ikan hanyut tersebut terjadi di Awan Bangkal, Kecamatan Karang Intan.

Baca Juga: Langkah Cepat Warga Kampung Sei Antisipasi Banjir Rob

Menurut KanalKalimantan.com---jaringan--Suara.com, banjir muncul bersamaan di sejumlah wilayah di Kota Banjarbaru sejak Kamis (14/1) dini hari dengan ketinggian debit air yang cukup tinggi.

BPBD Banjarbaru kepada Kanalkalimantan.com, melaporkan bahwa banjir saat ini salah satunya berlangsung di Kelurahan Kemuning. Banjir di lokasi ini kabarnya disebabkan luapan Sungai Kemuning yang tak lagi mampu menampung debit hujan.

“Banjir di Kelurahan Kemuning, ketinggian mencapai dada orang dewasa. Sebagian warga telah mengungsi. Sebagian lagi masih bertahan, karena bangunan rumahnya berlantai 2,” ujar Sekretaris BPBD, Ida.

Selain itu, banjir juga terpantau di Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin. Keterangan hampir sama, debit air tingginya hampir mencapai dada orang dewasa.

Kondisi cukup parah juga terjadi di Kelurahan Guntung Payung. Beberapa rumah warga, sebagian bangunannya sudah tertelan banjir. Kejadian ini ditemukan di perumahan Griya Manunggal dan Graha Permata Indah 9.

Di sisi lain, banjir besar juga tengah terjadi di wilayah yang sebelumnya terdampak. Yakni di Kecamatan Cempaka dan Liangg Anggang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait