alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satgas Bergerak, Antisipasi Varian Baru Covid-19 Asal Inggris di Indonesia

Sapri Maulana Rabu, 03 Maret 2021 | 06:13 WIB

Satgas Bergerak, Antisipasi Varian Baru Covid-19 Asal Inggris di Indonesia
Ilustrasi virus corona. Di Indonesia, telah ditemukan varian baru Covid-19 asal Inggris. [Getty Images/BBC]

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memaparkan, pemerintah memperketat pintu masuk, pasca ditemukannya varian baru covid-19 asal Inggris B117 di Indonesia.

SuaraKaltim.id - Setahun sudah kasus Covid-19 hadir di Indonesia. Terbaru, varian baru covid-19 asal Inggris B117 ditemukan di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memaparkan, pemerintah memperketat pintu masuk, pasca ditemukannya varian baru tersebut.

“Kementerian lembaga terkait bersama satgas akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi di lapangan,” kata Wiku, belum lama ini, dikutip Suara.com.

Kemudian, satgas melakukan tracking dari dua pasien yang terpapar varian baru covid-19 yang ditemukan tersebut. Agar tak terjadi penularan yang lebih luas.

Baca Juga: Pariwisata Bali Siap Dibuka Lewat Program Free Covid Corridor

 “Adanya temuan ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuran,” kata Wiku.

Tak kenal lelah, satgas juga terus mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Tanggungjawab kita semua untuk mencegah penularan,” kata Wiku.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan varian baru Covid-19 dari Inggris sudah masuk ke Indonesia dengan ditemukannya dua kasus meskipun belum dijelaskan secara detail.

“Kalau satu tahun lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 Covid-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di indonesia, ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus,” kata dia.

Baca Juga: 36 Ribu Orang Meninggal Akibat Covid-19 dalam Setahun, Ini Kata Wamenkes

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait