alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Sampai Sehari Punya KTA, Moeldoko Jadi Ketum Partai Demokrat di KLB

Chandra Iswinarno Jum'at, 05 Maret 2021 | 18:46 WIB

Tak Sampai Sehari Punya KTA, Moeldoko Jadi Ketum Partai Demokrat di KLB
Jhonny Allen Marbun saat memberikan keterangan usai KLB Partai Demokrat di Deli Serdang. [Suara.com/Muhlis]

Terpilihnya Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi kongres luar biasa (KLB) menimbulkan tanda tanya sejumlah pihak.

SuaraKaltim.id - Terpilihnya Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi kongres luar biasa (KLB) menimbulkan tanda tanya sejumlah pihak, terutama mengenai keabsahannya sebagai anggota partai berlambang bintang mersi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Jhonny Allen Marbun mengatakan, jika mantan Panglima TNI di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi menjadi kader Demokrat sebelum pemilihan.

Bahkan, dia menegaskan, jika Moeldoko menjadi kader melalui keputusan forum Kongres Luar Biasa (KLB).

"Kita sepakat, peserta kongres sepakat menyatakan beliau pak Moeldoko telah memiliki KTA dengan nomor khusus atau spesial. Mengapa demikian, karena ada kondisi darurat, dimana daruratnya karena terjadinya krisis kepemimpinan," katanya saat konferensi pers di The Hills Hotel anda Resort di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, seperti dilansir dari Suarasumut.id pada Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: Demisionerkan AHY, Ketum Moeldoko Versi KLB Segera Didaftarkan ke Kemkumham

Dia mengemukakan, kongres merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan, sehingga diputuskan Moeldoko sebagai kader sebelum pemilihan dilakukan. Lebih lanjut dia mengemukakan, hal tersebut sesuai semangat KLB yakni mengembalikan Partai Demokrat menjadi partai yang demokratis.

"Jadi ini lebih tinggi keputusannya ketimbang sekedar KTA yang ditandatangani oleh pimpinan cabang atau daerah itu. Ini sesuai semangat kita, siapa pun bisa masuk dan membangun Partai Demokrat," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Moeldoko resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Demorat secara aklamasi dalam KLB yang digelar di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

"Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, menetapkan Jenderal (Purn) DR Moeldoko sebagai Ketua Umum DPP Demokrat hasil kongres luar biasa periode 2021-2025," kata pimpinan sidang yang dibacakan Jhonny Allen.

Dalam kongres itu pula diputuskan mengakhiri masa kepengurusan Agus Harimurti Yudhoyono.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Partai Demokrat Terbelah Dua, Kemelut Bakal Panjang

Selain menetapkan Moeldoko sebagai Ketum DPP Demokrat, peserta kongres juga mengusulkan dan mentapkan Marzuki Alie sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Periode 2021-2025.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait