facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kuota Beasiswa Kaltim Tuntas 2021 Fleksibel, Ini Kategori Tersedia

Sapri Maulana Kamis, 25 Maret 2021 | 18:52 WIB

Kuota Beasiswa Kaltim Tuntas 2021 Fleksibel, Ini Kategori Tersedia
Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT) Iman Hidayat saat paparkan program beasiswa, di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (25/3/2021). [Jifran/SuaraKaltim.id]

Beasiswa Kaltim Tuntas dibuka untuk berbagai kategori. Mulai kategori prestasi, kategori tidak mampu, anak dan cucu veteran hingga penghafal kitab suci.

SuaraKaltim.id - Berapa jumlah atau kuota penerima Beasiswa Kaltim Tuntas? Jumlahnya fleksibel, sebab, besaran biaya calon penerima beasiswa tidak seragam. Sehingga kuota penerima akan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang dialokasikan.

Dari Rp 165 milar anggaran yang dialokasikan, Beasiswa Kaltim Tuntas dibuka untuk berbagai kategori. Mulai kategori prestasi, kategori tidak mampu, anak dan cucu veteran hingga penghafal kitab suci.

"Untuk beasiswa Kaltim tuntas tidak bisa target berapa, karena itu tergantung dari SPP (sumbangan pembinaan pendidikan), SPP tergantung yang mendaftar, tergantung lagi yang lulus,"kata Kepala Badan Pengelola beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT), Iman Hidayat, Kamis (25/3/2021).

Jadi, jika calon penerima yang lulus biaya kuliahnya rendah, maka akan semakin banyak penerima, dan sebaliknya.

Baca Juga: Manajemen Kartu Prakerja Berencana Buka Opsi Gelombang Tambahan

"Jadi untuk kuota nantinya itu fleksibilitas," imbuhnya.

Disebutkan untuk beasiswa Kaltim Tuntas bagi perguruan tinggi yang diterima minimal telah terakreditasi B, dan IPK mahasiswa diatas 3,0. Beban mahasiswa yang ditanggung maksimal delapan semester.

Mengenai mekanisme pencairan, Iman Hidayat mencontohkan seperti mahasiswa yang mendaftar saat kuliah semester dua. Berarti sisa kuliah tersisa 7 semester.

"Nah kalau SPP nya 10 juta, maka kalau dia lulus dimasukan ke rekening dia 70 juta. Tapi yang bisa dicairkan tahap pertama hanya dua semester, berarti 20 juta. Yang lain ada di rekening yang bersangkutan, tapi Bank tidak akan buka kan (cairkan), kecuali ada surat dari kita," terangnya.

Pengelola beasiswa akan mengeluarkan surat pencairan, setelah menerima laporan dari mahasiswa penerima BKT.

Baca Juga: Beasiswa Kaltim Tuntas 2021 Dibuka, Ini Link Pendaftaran dan Penjelasannya

"Akhir semester tiga dia harus buat laporan bahwa yang bersangkutan sudah kuliah. IPK dua semester kemarin begini. Laporannya juga tidak tatap muka tetap online, upload transkrip kemudian kami rekap," paparnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait