alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Buka Puasa Kota Samarinda dan Sekitarnya, 3 Mei 2021

Chandra Iswinarno Senin, 03 Mei 2021 | 16:03 WIB

Jadwal Buka Puasa Kota Samarinda dan Sekitarnya, 3 Mei 2021
Masjid Islamic Center Samarinda atau Masjid Baitul Muttaqin. [Dok.Kemenag]

Memasuki hari ketiga di bulan Mei 2021, pelaksanaan ibadah Puasa Ramadhan 1442 Hijriah yang dilakoni umat muslim seluruh dunia telah memasuki hari ke-21.

SuaraKaltim.id - Memasuki hari ketiga di bulan Mei 2021, pelaksanaan ibadah Puasa Ramadhan 1442 Hijriah yang dilakoni umat muslim seluruh dunia telah memasuki hari ke-21.

Dalam menjalankan ibadah puasa, setiap umat Islam diwajibkan menahan lapar dan haus, serta hawa nafsu selama berpuasa. Perintah kewajiban berpuasa sendiri termasuk dalam Rukun Islam.

Saat berpuasa, setiap umat Muslim diwajibkan untuk berbuka puasa dengan ditandai berkumandangnya azan magrib. Berikut jadwal waktu berbuka dan salat untuk Kota Samarinda dan sekitarnya pada hari ke-21 Ramadhan 1442 H atau Senin (3/5/2021) seperti dilansir dari Bimas Islam Kementrian Agama RI:

  • Asar 15.32 WITA
  • Magrib 18.14 WITA
  • Isya 19.25 WITA

Berbuka puasa merupakan hal penting dilakukan setiap umat muslim yang menjalankan ibadah selama Ramadhan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbuka puasa;

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kabupaten Tangerang Senin 3 Mei 2021

1. Menyegerakan Buka Puasa

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk segera melaksanakan buka puasa atau membatalkan puasa ketika waktu berbuka puasa sudah datang. Maka dari itu ada baiknya kalian langsung membatalkan puasa ketika mendengar adzan maghrib berkumandang.

2. Buka Puasa dengan Memakan Kurma

Makan tiga butir kurma dan segelas air putih saja sudah cukup untuk buka puasa. Sunnah yang dicontohkan nabi ini cukup sederhana dan mudah diterapkan dalam rutinitas sehari-hari selama puasa Ramadhan.

3. Membaca Doa Buka Puasa

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kota Pekanbaru dan Sekitarnya, Senin 3 Mei 2021

Berdoa ketika buka puasa adalah amalan penting dan wajib dilakukan sebelum buka puasa. Jangan sampai kalian lupa membaca doa buka puasa ketika membatalkan puasa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait